Sukses

Anak Susah Tidur? 10 Makanan Ini Akan Bantu Si Kecil Tidur Lelap

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan sebuah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi. Dengan tertidur pulas, banyak manfaat yang akan Anda rasakan. Tak hanya Anda yang sudah dewasa, bagi anak-anak pun sangat penting. Saat anak dapat mencapai kualitas tidur yang baik, ada sel-sel yang berperan agar pertumbuhan dalam tubuhnya bekerja. 

Namun demikian, anak-anak kerap mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak. Hal ini sangat berisiko bagi mereka, seperti memicu terjadinya diabetes ketika sudah beranjak dewasa dan menjadi obesitas. Selain itu, kurang tidur bagi mereka dapat menyebabkan kesulitan dalam belajar dan memperhatikan sesuatu.

Beragam cara dilakukan guna mengatasi masalah tersebut. Di antaranya memijat, mendongeng, dan menata kamar anak-anak agar mereka nyaman untuk beristirahat. Namun, ternyata makanan pun dapat membuat kualitas tidur anak menjadi lebih baik.

Dilansir Boldsky, Rabu (10/1/2018), makanan mengandung tryptophan, melatonin, dan serotonin sangat baik untuk membantu anak mencapai kualitas tidur yang baik. Lalu, apa saja jenis makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Susu

Kebanyakan orang tua meminta anaknya untuk minum susu sebelum tidur. Ternyata, hal ini benar-benar membantu. Di dalam segelas susu, terdapat asam amino yang disebut tryptophan yang menjadi 'obat tidur' mujarab bagi anak.

Kalsium yang terkandung dalam segelas susu pun mampu memproduksi tryptophan dalam jumlah banyak. Apalagi, dengan memberikan segelas susu hangat, suhu tubuh anak akan meningkat dan membuat mereka mulai mengantuk, dan kemudian tertidur lelap.

2. Pisang

Agar si buah hati dapat tertidur lelap, tambahkan buah yang satu ini pada menu makan malamnya. Pisang dipercaya mengandung magnesium yang dapat merelaksasi otot, termasuk relaksasi seluruh tubuh.

Buah yang umumnya berwarna kuning ini mengandung melatonin dan serotonin, hormon yang membantu anak mencapai kualitas tidur. 

3. Ikan Salmon

Ikan laut yang satu ini rasa-rasanya menjadi pilihan terbaik di antara makanan laut lainnya dalam memicu kualitas tidur. Menyantap ikan ini dalam porsi yang pas dapat menstimulasi produksi melatonin dan serotonin pada tubuh. Salmon juga dipercaya berkhasiat untuk menjaga berat badan. Oleh sebab itu, mulai tambahkan ikan ini sebagai lauk pada menu makanan, agar kualitas tidur sang buah hati menjadi lebih baik.

 

Simak juga video berikut ini :

2 dari 4 halaman

Kaya akan vitamin dan mineral

 4. Oats

Menu sarapan yang satu ini umumnya dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Kudapan ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu perkembangan sistem sel dalam tubuh. Namun ternyata, makanan yang biasa dikonsumsi bersama susu atau buah-buahan ini memiliki konsentrasi melatonin yang tinggi.

Tak hanya itu, oats juga memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat membuat perut si kecil terisi penuh. Hal itulah yang membuat anak dapat tertidur pulas.

5. Bayam

Masih ingatkah Anda dengan serial kartun 'Popeye si Pelaut'? Dalam kisah tersebut, diceritakan bahwa dedaunan yang satu ini dapat membuat popeye menjadi sangat kuat. Kisah dalam kartun itu ingin mengatakan bahwa bayam memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Namun demikian, kandungan lain yang terkandung dalam dedaunan itu adalah asam amino tryptophan, dan inilah yang membuat anak Anda dapat tertidur lelap. 

 

3 dari 4 halaman

Kaya akan Karbohidrat

6. Nasi

Menyantap nasi pada malam hari memang tidak dianjurkan. Akan tetapi, apabila menghadapi situasi di mana anak Anda susah tidur, coba berikan seporsi nasi pada mereka saat makan malam. Indeks glikemik pada nasi dapat meningkatkan energi secara tiba-tiba, sehingga ketika sudah beraktivitas, anak akan lelah dan tertidur pulas.

7. Kenari

Kacang-kacangan berbentuk seperti otak ini dipercaya baik untuk perkembangan sel jaringan otak. Tak hanya itu, kacang kenari memiliki kandungan asam amino tryptophan yang tinggi. Anda dapat menyajikan kenari sebagai kudapan penutup bagi si buah hati.

8. Nanas

Buah yang memiliki kulit bertekstur kasar ini mengandung melatonin. Meski belum terungkap berapa kadar melatonin dalam buah nanas, kadarnya dipercaya lebih tinggi dari pisang dan oats. Selain itu, buah nanas pun dapat melancarkan pencernaan. Oleh sebab itu, berikan beberapa irisan nanas pada anak Anda.

 

4 dari 4 halaman

Cukup sedikit saja

9. Anggur

Tak hanya cantik nan indah, buah dari tanaman merambat ini mengandung hormon melatonin yang tinggi. Hanya dengan memakannya beberapa butir saja, akan timbul efek yang menakjubkan. Guna si buah hati, anda dapat mencampur buah anggur pada jus buah kesukaannya, atau masukkan beberapa butir saja pada kotak bekalnya.

10. Makanan yang berkabohidrat tinggi atau rendah protein  

Beberapa pakar mengatakan bahwa makanan dengan karbohidrat tinggi dan rendah protein merupakan kombinasi yang pas untuk membuah si buah hati tertidur lelap. Makanan yang tinggi karbohidrat mengandung hormon tryptophan yang tinggi pula. Kombinasi seperti apel dengan selai kacang, keju dengan biskuit gandum, dan susu dengan sereal, menjadi kombinasi yang sangat baik, untuk membuat si buah hati mencapai kualitas tidur yang sempurna.

Artikel Selanjutnya
Kurang Tidur, Risiko Ini Intai Remaja dan Anak-Anak di China
Artikel Selanjutnya
Pasutri Cakep Punya Anak Biasa Saja, Ada yang Salah?