Sukses

Orang Tua dengan Kondisi Ini Lebih Cepat Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Orang tua yang ringkih lebih cepat meninggal dunia. Memang, ringkih pada dasarnya bukan sebuah pertanda bahwa orang tua mengidap satu penyakit tertentu. Namun, hasil dari sebuah penelitian yang melibatkan pasien usia lanjut selama tujuh tahun, orang tua yang ringkih bisa tiga sampai empat kali lebih cepat meninggal dunia ketimbang yang tidak mengalami ini.

Dr Linda Fried dari Johns Hopkins mendefinisikan ringkih dengan ciri-ciri sebagai berikut; penurunan berat badan sebanyak 10 kilogram dalam setahun terakhir, sering lelah, rendahnya tingkat aktivitas yang mereka jalani, lambat, dan kekuatan pegangan mengalami penurunan.

Dikutip dari Theatlantic, Minggu, 24 Desember 2017, disebutkan bahwa sistem kesehatan manusia tidak dirancang dengan cukup baik untuk mengatasi keringkihan pada orang tua. Oleh karena itu, jumlah dokter yang berkecimpung untuk mengatasi hal ini begitu sedikit.

 

1 dari 2 halaman

Orang tua mudah ringkih jika

The American Geriatrics Society melaporkan bahwa Amerika Serikat membutuhkan setengah dari 17.000 geriatricians saat ini. Sebab pada 2030, jumlah yang ahli yang diperlukan menangani orang tua ringkih akan meningkat menjadi 30.000 orang.

Ada pun faktor yang menyebabkan keringkihan pada orang tua adalah nutrisi yang kurang baik. Pola makan seimbang dan diet yang bervariasi mencakup jumlah yang cukup untuk kalori dan protein, masih kurang diperhatikan.

Apalagi bila orang tua tersebut hidup seorang diri dan tak ada yang mengurusnya. Secara otomatis, asupan makanan yang diterima jauh dari kata yang diharapkan.

Termasuk juga aktivitas fisik, ketahanan psikologi, dan bagaimana cara mereka merespons apa pun yang diterima.

Artikel Selanjutnya
Hidup di Tiga Abad, Ini 3 Manusia Tertua di Rusia
Artikel Selanjutnya
Akibat Stres, Anak-Anak Jepang Masa Kini Lebih Cepat Tua dari Usianya