Sukses

Buah Lebih Baik Dimakan Langsung atau Dijadikan Jus?

Banyak orang lebih menikmati jus buah dibanding memakannya secara langsung, tapi mana yang lebih sehat?

Liputan6.com, Jakarta Buah, seperti pisang, stroberi, dan melon biasa dimakan langsung. Alternatif lain, yang lebih praktis biasanya buah diblender dan dijadikan jus. Anda pun tinggal minum jus buah tanpa harus repot mengunyah.

Dari kedua cara makan buah tersebut, sebenarnya buah justru lebih baik dimakan langsung. Buah yang dikunyah sangat bermanfaat untuk proses penyerapan kandungan gizi di tubuh, menurut Konsultan Gastrohepatologi Anak, Frieda Handayani Kawanto ditemui dalam acara "Konferensi Pers Penutupan Program Edukasi Kebiasaan Makan Sehat Anak 2017" di Bunga Rampai Restaurant, Jakarta.

"Paling bagus itu buah dikunyah (dimakan langsung). Saat dikunyah, saliva (kelenjar air ludah) dan enzim di dalam mulut akan memecah karbohidrat pada buah. Buah akan mudah dicerna saat masuk ke saluran pencernaan," ungkap Frieda, ditulis Rabu (20/12/2017).

Kaya serat, kebutuhan serat Anda akan tercukupi bila makan buah. Misal, orang dewasa kebutuhan serat sebesar 30 gram sehari. Hal itu setara dengan 6 apel.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan saat buah diblender

Cara makan buah yang lebih baik dimakan langsung, bukan berarti kandungan buah yang dijadikan jus kurang bermanfaat bagi tubuh. Buah yang dijadikan jus, kandungan seratnya juga banyak diserap tubuh.

Namun, Anda harus memerhatikan buah saat dibuat jus. Hal ini juga berhubungan dengan alat blender atau pembuat jus (juicer) yang digunakan.

"Buah yang diblender dengan kecepatan tinggi, kadar vitamin akan berkurang. Jadi, kalau mau vitaminnya tetap tinggi, sebaiknya, pakai yang slow juicer (kecepatan rendah)," tambah Frieda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.