Sukses

Flu Burung Kembali Resahkan Peternak di Sragen

Setelah sempat mereda, serangan flu burung kembali melanda Kabupaten Sragen, Jateng. Puluhan ayam di kawasan tersebut belakangan ini banyak diketahui mati mendadak dengan gejala tertular virus tersebut.

Liputan6.com, Sragen: Setelah sempat mereda, serangan flu burung kembali ditemukan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sejak sepekan terakhir, puluhan ayam di wilayah tersebut diketahui mati mendadak dengan gejala terserang H5N1 (virus influenza A subtipe H5N1).

Hal ini dikuatkan dengan hasil pemeriksaan Tim Participatory Disease Surveillance and Response atau PDRS Dinas Peternakan Sragen. Petugas mendapati ayam mati tersebut akibat flu burung.

Akibat kematian mendadak ayam-ayam tersebut, para peternak merasa resah dan dirugikan. Mereka berharap Dinas Peternakan setempat bisa berupaya mengantisipasi hal tersebut, sehingga serangan flu burung tidak kembali meluas.

Adapun berdasarkan pantauan SCTV, Rabu (22/12), Dinas Peternakan setempat meminta agar ayam-ayam yang mati mendadak bisa segera dimusnahkan agar tidak menulari unggas lainnya. Mereka juga berharap para peternak selalu menjaga kebersihan kandang untuk mengurangi risiko penularan penyakit mematikan tersebut.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.