Sukses

Bukti Presiden Jokowi Memang Hobi Jalan Kaki

Jalan kaki adalah cara mudah dan murah menjaga kesehatan bila sering dilakukan. Tampaknya, Presiden Jokowi pun menyukai aktivitas ini

Liputan6.com, Jakarta Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih jalan kaki sejauh 2 kilometer saat terjebak macet ketika menghadiri peringatan HUT TNI ke-72 memang mendadak. Kemacetan parah membuatnya memilih berjalan kaki daripada berlama-lama di dalam mobil. Hitung-hitung olahraga pagi katanya.

Presiden Joko Widodo didampingi Kapolri, Tito Karnavian beserta rombongan berjalan kaki menuju lokasi upacara HUT ke-72 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Banten (5/10). (Liputan6.com/Pool/Agus Suparto)

Rupanya, Presiden Republik Indonesia memang hobi berjalan kaki, hal ini bisa dilihat dalam beberapa kesempatan sebelumnya. Tak heran bila Jokowi yang gemar blusukan ini mengatakan pilihan jalan kaki di tengah kemacetan merupakan hal biasa.

Berikut bukti kebiasaan Jokowi jalan kaki dalam aneka kegiatan formal maupun informal seperti dihimpun Health-Liputan6.com:

1. Blusukan

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2013 mengatakan modalnya untuk blusukan adalah jalan kaki.

"Blusukan enggak ada anggarannya, modalnya ya jalan kaki," katanya.

Presiden Jokowi ditemani Gubernur Ahok membagikan buku tulis, Jakarta, Kamis (3/9/2015). Presiden Jokowi bersama Gubernur Ahok mengadakan blusukan dan membagikan semabko pada warga di kawasan Cilincing. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

 

2. Menemani Gibran melamar Selvi

Saat Jokowi sudah menjabat sebagai Presiden, dia memilih jalan kaki saat mengantarkan putranya Gibran Rakabuming Raka melamar Selvi pada Selasa, 9 Juni 2015. Jarak rumah yang dekat, yakni sekitar 400-500 meter jadi alasan keluarga dan rombongan berjalan kaki.

Lamaran Selvi & Gibran (Galih W. Satria/bintang.com)

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diplomasi jalan kaki

3. Car Free Day Solo

Pada Januari 2016, Jokowi menyempatkan untuk berjalan-jalan di Car Free Day Solo, Jawa Tengah. Dia berjalan kaki dari perempetan Gendengan Purwosari hingga Bundaran Gladag yang berjarak sekitar 3,5 km.

(Foto:Reza Kuncoro)

 

4. Diplomasi jalan kaki

Jokowi diajak jalan kaki santai oleh Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, saat berada di Sydney. Tanpa pengamanan ketat, kedua pemimpin itu berjalan sambil berbincang sembari menyusuri taman yang berlatar belakang gedung Opera House Sydney.

Presiden Jokowi Jalan Santai dengan PM Australia PM Turnbull. (Liputan6.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.