Sukses

Kulit Wajah Tetap Mulus Walau Gunakan Makeup Tiap Hari

Jika tidak pintar-pintar, menggunakan makeup setiap hari bisa merusak kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Makeup atau kosmetika sudah menjadi teman para wanita. Sayang, penggunaan makeup setiap hari dapat merusak kulit wajah, apalagi jika Anda tidak rajin membersihkan wajah dengan teratur. Lantas, adakah cara untuk tetap bisa mengenakan makeup dan kulit wajah tetap mulus dan sehat?

dr Nadia Octavia dari Klikdokter.com mengatakan untuk pandai-pandai memilih jenis makeup yang sesuai dengan kulit wajah. "Sebab jika sembarangan, makeup bukannya menunjang penampilan, tapi malah menghancurkan wajah," katanya dikutip dari laman Klikdokter.com, Senin (11/9/2017).

dr Nadia menyarankan untuk memilih makeup dengan cara berikut, khususnya bagi Anda yang memiliki kulilt wajah berjerawat.

Non-komedogenik

Pilihlah alas bedak, bedak, hingga blush on yang bersifat non-komedogenik, hipoalergenik dan bebas minyak. Hal ini bisa diketahui dengan membaca label di setiap kosmetik yang Anda beli.

Berbasis mineral

Produk kosmetik berbasis mineral dengan tambahan kandungan silika, titanium oksida, dan zink oksida efektif menyerap minyak di wajah. Kosmetik jenis ini juga dapat menyamarkan kemerahan jerawat tanpa mengiritasi kulit.

Bedak tabur. Saat membeli bedak, pilihlah bedak tabur (loose powder) dibandingkan bedak padat (compact powder). Sebab bedak padat akan membuat risiko tersumbatnya kelenjar minyak di wajah semakin semakin kecil.

Berbahan dasar air

Dalam memilih tabir surya, pilihlah yang berbahan dasar air (water based). Hindari tabir surya yang mengandung PABA atau benzophenone, karena dapat mengiritasi kulit wajah Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuci secara teratur

Cuci kuas dan spons kosmetik Anda secara rutin untuk menghindari kontaminasi bakteri, yang memperparah jerawat Anda.

Tidak perlu berlapis-lapis

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat dan meradang, hindari penggunaan kosmetik berlapis–lapis setiap hari.

Asupan antioksidan

Untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat, pastikan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik. Perbanyak asupan antioksidan melalui makanan, seperti buah dan sayuran. Jika kebutuhan harian tidak tercukupi dari makanan, Anda bisa mendapatkan asupan tambahan melalui suplemen antioksidan yang mengandung astaxanthin.
"Jika kulit Anda memerah, gatal, bengkak atau jerawat Anda bertambah banyak setelah penggunaan kosmetik tertentu, segera hentikan penggunaannya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.