Sukses

Ikan atau Daging Sapi, Mana Lebih Unggul Nutrisinya?

Liputan6.com, Jakarta Ikan dan daging sapi sama-sama mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Namun, ikan punya beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan daging sapi.

Pertama, sebagai negara kepulauan, Indonesia kaya akan hasil laut termasuk ikan. Di beberapa provinsi seperti Kalimantan Selatan, berlimpah hasil ikan di sungai. Ikan air tawar seperti nila atau bawal pun tak kalah banyaknya. Soal rasa, semua ikan enak.

"Ikan nila itu enak sekali dagingnya," kata Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek dalam konferensi pers Lomba Makan Ikan di Kompleks Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Tersedianya pilihan ikan baik yang berasal dari laut, sungai, maupun air tawar membuat sumber makanan ini mudah didapat.

Kedua, ikan mengandung nutrisi seperti DHA serta lemak tak jenuh.

"Kalau ikan kan ada DHA-nya, daging sapi tidak. Lemak ikan tak jenuh--kalau orang bilang lemak baik--bisa dikonsumsi semua umur. Lalu, ikan kan halal juga," kata Nila.

Asam dokosaheksaenoat atau DHA merupakan nutrisi penting bagi semua usia. Pada ibu hamil, asupan makanan dengan DHA membuat pertumbuhan dan perkembangan otak dan mata pada janin sehat. Lalu, pada anak dan orang dewasa, kehadiran DHA membantu menjaga kesehatan jantung.

Dengan beragam keuntungannya, jangan ragu makan ikan, ya! 

 

Saksikan juga tayangan video berikut: 

Loading