Sukses

Begini Semestinya Makan Buah untuk Turunkan Berat Badan

Bagaimana cara agar berat badan turun dengan rutin makan buah?

Liputan6.com, Jakarta Serat yang berasal dari buah dan sayur dibutuhkan oleh kita yang menginginkan berat badan turun. Dengan tidak mengurangi sumber makanan yang lain.

Penulis The Small Change Diet, Keri Gans RD, mengatakan, dengan kita memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh melalui makanan utuh, bukan suplemen, membuat kita lebih bisa menahan nafsu untuk mengemil. Sebab, kita merasa kenyang lebih lama karena serat dicerna lebih lambat dari karbohidrat.

"Sistem pencernaan sehat, tidak merasa kembung apalagi konstipasi, dan kenyang lebih lama," kata Keri dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (18/4/2017)

Hal yang sama juga diungkapkan Pakar Diet dan Nutrisi, Triyani Kresnawan DCN Mkes. Bagi pelaku diet yang ingin berat badan turun tapi tetap sehat, upayakan semua sumber kita santap. Baik itu karbohidrat, lemak, serat, dan protein.

Ia memberi saran, bagi siapa saja yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, sebaiknya makan buah dan sayur sebelum tubuh menerima asupan karbohidrat.

"Tujuannya mencegah lapar mata terhadap karbohidrat," katanya.

"Kita makan pakai piring bulat, kalau bisa jangan besar-besar juga. Setengah dari piring kita isi dengan sayur dan buah. Setengah sisinya lagi kita bagi dua untuk karbohidrat dan protein hewani nabati," katanya menenkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini