Sukses

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Ketika Anda melihat ada orang atau mungkin saudara sendiri yang mengalami serangan jantung, lakukan segera tiga pertolongan pertama ini.

Liputan6.com, Jakarta Serangan jantung dapat terjadi secara mendadak. Beberapa di antaranya bahkan tidak diketahui secara langsung gejalanya. Salah satu serangan jantung yang berbahaya adalah Coronary Heart Disease (CHD) atau serangan jantung koroner yang dapat mematikan.

Serangan jantung dapat terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah. Gejala yang sering terjadi biasanya adanya rasa sakit atau nyeri pada bagian dada selama 15 menit. Bersamaan dengan itu terjadi rasa mual, pucat, berkeringat, dan kesulitan benapas.

Seperti dikutip dari situs Mayo Clinic, Selasa (11/4/2017), kematian karena serangan jantung koroner merupakan satu dari lima kematian yang sering terjadi di Inggris setiap tahun. Sebanyak 50 persen kematian terjadi dalam jangka waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung.

Oleh karena itu, mengenal gejala sejak awal dan mengetahui pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung amat diperlukan. Berikut ini merupakan pertolongan pertama saat terjadi serangan jantung.

1. Lakukan panggilan normor darurat dengan segera

Hal ini dapat membantu orang yang terkena serangan jantung dapat dengan segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis.

2. Telan tablet aspirin

Serangan jantung terjadi karena timbunan kolesterol yang menyempitkan aliran darah pada ateri koroner. Kemudian, platelet sel darah kecil dapat memicu terjadinya pembekuan darah atau penggumpalan darah.

Peran aspirin di sini adalah menghambat kinerja platelet yang bertugas membekukan dan menggumpalkan darah.

3. Lakukan CPR

CPR (cardiopulmonary resuscitation) dilakukan jika orang yang terkena serangan jantung tidak sadarkan diri. CPR dengan menggunakan tangan dapat dilakukan dengan menekan bagian dada selama 100 kali dalam semenit.

CPR dari mulut ke mulut tidak dianjurkan jika Anda belum terlatih.

Reporter: Aida Tifany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Serangan jantung sering kali disebut juga dengan istilah miokardial infark. Serangan jantung terjadi ketika jantung kehilangan oksigen

    Serangan Jantung