Sukses

Kemenkes Telah Siapkan 3 Vaksin Baru pada 2017

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, M. Subuh mengatakan akan ada tiga jenis vaksin baru pada 2017.

"Di kabinet kerja hingga 2019 ini kita akan menambah tiga imuninasi baru yang disebut biovaksin inisiatif yang pertama pada 2017," ujar Subuh saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (29/12/2016).

Mulai Januari 2017, vaksin measle rubella akan tersedia di seluruh Jawa. Sasaran dari vaksin ini ialah bayi hingga usia kurang dari satu tahun.

Sementara dipertengahan 2017, lanjut Subuh, akan disediakan vaksin pneumokokus di Lombok, dan pemberian vaksin HPV yang akan dilakukan di DKI Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kita selama tiga tahun ini memilih mana (vaksin) yang layak secara ekonomi dan efikasinya ya seperti DBD kan hanya efektif pada usia-usia tertentu," ujar Subuh.

Subuh mengatakan, kota-kota besar seperti DKI dan DIY menjadi lokasi yang tepat untuk pelaksanaan vaksin kali pertamanya.

"Kita coba (vaksin) di kota-kota besar supaya mereka (masyarakat) benar-benar bisa merasakan dan melihat adanya penurunan bermakna," Subuh menuntaskan.

Dua Petani Tewas Tertabrak di Tepi Sawah

Tutup Video
Loading