Sukses

Anak Tingkatkan Kepercayaan Diri Wanita

Liputan6.com, Taiwan: Anak adalah anugerah terindah yang dimiliki setiap pasangan orang tua. Siapa sangka selain menghadirkan kebahagiaan, kehadiran seorang anak juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita. Demikian rilis Telegraph, Selasa (23/3).

Menurut penelitian memiliki anak dapat memangkas peluang seorang wanita untuk melakukan bunuh diri. Peneliti juga mengatakan memiliki anak dengan alasan dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa percaya diri dapat dirasakan wanita pasca melahirkan.

Menjadi seorang ibu lebih sering memiliki banyak jaringan dukungan sosial dibanding dengan wanita yang tidak mempunyai anak.  Sebuah penelitian dengan melibatkan 1.292.462 wanita  dengan usia di atas 20 tahun ditemukan bahwa ibu memang memiliki efek perlindungan.

Wanita dengan dua anak 39 persen lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki kehidupan mereka sendiri daripada wanita yang hanya memiliki satu orang anak. Dan angka itu meningkat menjadi 60 persen di antara wanita yang memiliki tiga anak.

"Yang jelas dari penelitian ini ditemukan kecenderungan ke arah pengurangan tingkat bunuh diri dengan meningkatkan jumlah anak-anak setelah usia pertama pengendalian kelahiran, status perkawinan, tahun di sekolah, dan pengiriman," kata Dr Chun-Yuh Yang, dari Kaoshiung Medical University di Taiwan.

Mengingat bahwa perempuan yang masuk dalam studi ini tergolong masih muda (sebagian besar kematian akibat bunuh diri yang terjadi sebelum usia premenopause) dan termuda di antara yang dilaporkan untuk setiap negara, penemuan ini sangat penting. Yang menambahkan, "Kehadiran anak-anak dapat meningkatkan perasaan percaya diri seorang ibu, mungkin berdasarkan pada persepsi yang diperlukan."(AYB)
    Loading