Sukses

Hindari 5 Hal yang Bisa Membuat Wajah Kusam dan Berjerawat

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kulit wajah tetap mulus dan bersih memang gampang-gampang sulit. Banyak yang menghabiskan banyak biaya untuk produk kecantikan namun tetap tidak memberikan hasil maksimal.

Memang, merawat kulit wajah harus dilakukan setiap hari. Ada beberapa kesalahan yang mungkin biasa Anda lakukan yang membuat kulit wajah kusam, berjerawat, ataupun kurang lembut, dilansir laman Rodalesorganiclife, Minggu (2/10/2016):

1. Malas cuci wajah sebelum tidur

Meluangkan waktu 2 menit mencuci wajah sebelum tidur bisa membuat wajah nampak segar selama beberapa tahun. Menurut ahli dermatologi klinis University of Kansas School of Medicine, tidur dengan kotoran, minyak apalagi make up menyebabkan munculnya jerawat dan pori-pori membesar. Jika malas mencuci muka, cobalah pakai tisu pembersih wajah.

2. SPF hanya jika terkena sinar matahari

Paparan sinar UVA merupakan penyebab utama penuaan kulit. Karena sinar UVA bisa menembus kaca, Anda rentan terkena paparannya meski berada di dalam ruangan. Untuk menjaga kulit tetap muda dan jauh dari kerusakan akibat sinar matahari, gunakan tabir surya atau pelembap dengan SPF setiap hari. Pilih pelembap yang mengandung avobenzone, helioplex, mexoryl, titanium dioksida atau zinc oxide.

 

2 dari 2 halaman

Produk kecantikan terlalu mahal

3. Produk kecantikan terlalu mahal

Studi menunjukkan bahwa produk yang dijual di toko atau supermarket biasanya lebih mahal. Salah satu triknya adalah membeli produk kecantikan di toko obat dan carilah bahan aktif yang tidak berasal dari merek terkenal. Produk kecantikan yang mampu mengatasi penuaan paling efektif mengandung retinoid, AHA, peptida, vitamin C dan asam hyaluronic.

4. Produk yang dipakai tidak ada yang berhasil

Setidaknya dibutuhkan waktu 8 minggu untuk melihat hasil dari produk yang dipakai. Karenanya, cobalah bersabar untuk mendapatkan hasilnya. Kulit Anda perlu membangun toleransi dengan bahan anti penuaan agresif. Terlalu cepat ganti produk bisa membuat peradangan, menimbulkan garis halus, bintik cokelat dan kendur.

5. Kulit terlalu sensitif

Menyingkirkan sel-sel kulit mati membantu melembutkan dan mencerahkan kulit. Namun, scrub yang terlalu kuat dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan. Untuk mengelupaskan kulit yang aman, gunakan exfoliator kimia seperti asam glikolat atau yang memiliki butiran lembut. Hindari scrub yang besar dan rata. Lakukan pengangkatan sel kulit mati 1-2 kali dalam seminggu.

(Aluna Swara)

Loading