Sukses

4 Alasan Mengejutkan Jerawat Terus Muncul

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang muncul terus-menerus, baik di wajah, leher, atau di bagian tubuh lainnya, memang sangat menjengkelkan.

Jerawat adalah penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut, dan biasanya terjadi selama masa pubertas. Namun ketika Anda sudah mengalami masa tersebut tapi jerawat tetap saja suka muncul, ternyata ada beberapa penyebab lain yang bisa memicunya.

Diansir dari Cosmopolitan, Jumat (30/9/2016), berikut adalah beberapa pemicu jerawat yang paling mengejutkan dari para ahli:

1. Pacar Anda berjenggot

Beberapa pria mungkin terlihat lebih keren dengan jenggotnya, namun ternyata menurut dokter kulit kosmetik di Montclair, New Jersey, Jeanine Downie, MD, jenggot atau kumis yang dimiliki pacar Anda tidak begitu baik pada kulit wajah Anda.

“Ketika Anda dan pacar berciuman, wajah mulus Anda otomatis akan bergesekan dengan jenggotnya. Akibatnya ini akan merangsang produksi minyak di wajah sehingga menyebabkan noda, bahkan jerawat,” ujarnya.

Solusinya: minta dia untuk mencukur jenggot atau kumisnya agar kulitnya lebih terasa mulus. Atau minta dia untuk memberi minyak kelapa pada jenggotnya, sehingga wajah Anda tidak terasa sakit setiap kali Anda menciumnya dan akhirnya membuat Anda berjerawat.

2. Konsumsi makanan pedas

“Makanan pedas seringkali mengandung tomat atau cabai yang mengandung asam lycopene, yang dapat membuat iritasi beberapa orang, mengubah pH kulitnya, dan memicu jerawat,” katanya.

Solusinya: hindari atau kurangi konsumsi makanan pedas atau makanan apapun yang Anda kira bisa memicu jerawat. Jika kulit Anda teriritasi bahan-bahan tertentu, Anda akan melihat adanya komedo kecil atau bahkan noda ruam di sekitar dagu atau mulut.

 

3. Produk yang mengandung bahan-bahan penyumbat pori-pori

Minyak mineral adalah agen pelembab super berat yang dapat ditemukan dalam beberapa lotion, tetapi juga dikenal dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Silikon dalam perawatan kulit dan kosmetik, juga merupakan bahan lain yang harus Anda waspadai.

Solusinya: Pastikan semua produk perawatan kulit yang Anda gunakan, diberi label “noncomedogenic”, yang berarti bahwa bahan-bahannya sudah diformulasikan secara khusus agar tidak menyumbat pori-pori.

Namun jika produk yang ada pakai sudah memiliki label tersebut tapi jerawat tetap muncul bahkan memburuk, lebih baik buat janji dengan dokter kulit Anda, karena bisa saja Anda alergi pada suatu bahan lain di dalamnya. 

4. Produk rambut

“Bahan seperti sulfat, bahan pelembab berat, dan silikon dalam sampo serta kondisoner Anda dapat meresap ke dalam pori-pori, menyumbatnya, dan mengakibatkan jerawat di dada, jidat, atau sepanjang garis rambut Anda,” ujar seorang aesthetician berlisensi di Dangene Institute, Samantha Wright.

Solusinya: ketika mencuci rambut di kamar mandi, miringkan kepala Anda ke samping untuk menjaga residu produk dari wajah, dada, dan punggung Anda. selain itu pastikan untuk mencuci muka setelahnya, untuk memastikan bahwa tidak ada sisa produk rambut yang berada di kulit Anda, sehingga jerawat pun tidak muncul.

Loading