Sukses

Tanda Si Kecil Bakal Jadi Anak Cerdas

Liputan6.com, Jakarta Ada anak yang memiliki nilai akademik memuaskan karena rajin belajar, tapi ada juga yang memang sudah cerdas karena pengaruh genetik. Nah, salah satu cara untuk mengetahui anak cerdas atau tidak, ternyata bisa dilakukan dengan melihat ukuran kepala saat lahir.

Peneliti dari Inggris melihat, rupanya ukuran kepala bayi yang besar menjadi penanda bakal cenderung cerdas saat besar.

"Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh faktor genetik antara kemampuan kognitif dan kesehatan fisik dan mental. Namun studi juga menemukan kemampuan kognitif ada kaitannya dengan ukuran otak dan bentuk tubuh," kata Professor Ian Deary dari Edinburgh University, Inggris.

Berpangku dahu. (Via: boredpanda.com)

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti melakukan analisis terhadap darah, urine, dan air liur serta latar belakang informasi dan gaya hidup dari 100.000 orang. Lalu peneliti mencoba mencari hubungan ataupun korelasi antara itu semua. 

Saat analisis, peneliti menemukan ada hubungan antara bayi yang lahir dengan kepala besar seiring saat dewasa secara signifikan cenderung memiliki nilai akademik yang baik dan berhasil mendapatkan gelar sarjana seperti diungkap laman Good Housekeeping, Rabu (21/9/2016).

Rata-rata bayi yang lahir dengan ukuran kepala lebih besar dari rata-rata yakni 34-35,5 cm kemungkinan akan pintar saat besar.

Namun tentu saja, ukuran kepala saat lahir bukan jadi satu-satunya faktor yang membuat anak pintar. "Studi ini juga mendukung fakta bahwa orang yang memiliki kesehatan keseluruhan yang baik cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi," kata peneliti Saskia Hagenaars.