Sukses

Cara Hentikan Pendarahan Berat Saat Haid

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 20 persen wanita di atas usia 40 tahun mengalami pendarahan berat selain menstruasi atau menorrhagia. Karena itu, Anda perlu mengganti pembalut lebih banyak dalam waktu satu atau dua jam.

Jika Anda mengalami periode haid lebih dari tujuh hari, kemungkinan Anda mengalami kasus perdarahan haid tidak normal. Jika perdarahan itu terjadi terus menerus dapat mengakibatkan anemia, kelelahan, kekuatan fisik menurun, mood tak teratur, Depresi, dan yang terburuk adalah munculnya kanker serviks.

Penyebab perdarahan berat biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, terutama bagi wanita sebelum menopause (usia 40-50 tahun). Penyebab lainnya termasuk stres, diet berlebihan, gangguan tiroid, fibroid, kelainan rahim, infeksi di daerah panggul, adanya tumor jinak di rahim seperti penebalan non-kanker endometrium (lapisan internal rahim), polip, dan endometriosis.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa menghentikan pendarahan hebat, dilansir laman Home-cure, Rabu (27/7/2016).

1. Jahe

Bahan dapur ini dapat memberikan bantuan untuk menghentikan pendarahan. Ambil jahe masak dengan air hingga mendidih. Bisa dicampur dengan gula atau madu. Air jahe ini bisa diminum tiga kali sehari setelah makan.

2. Kayu manis

Kayu manis juga bisa menjadi alternatif yang efektif untuk menghentikan pendarahan hebat saat menstruasi. Satu batang kayu manis masukan ke dalam secangkir air mendidih, dan diamkan sejenak. Minum air kayu manis dua kali sehari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Ketumbar

3. Ketumbar

Rebus 20 gram biji ketumbar dalam 200 ml (dua gelas) air. Ketika air berkurang menjadi seperempat, diamkan hingga dingin, kemudian saring. Rebusan ini adalah salah satu yang terbaik untuk pengobatan rumah untuk menghentikan pendarahan berlebihan selama siklus bulanan.

4. Teh thyme

Siapkan satu sendok makan daun thyme dalam cangkir air mendidih, biarkan selama 10 menit, hingga menjadi teh. Bila dicampur dengan es batu bisa juga dijadikan kompres dingin pada perut untuk menstruasi berat.

5. Bunga pisang

Bunga pisang dapat meningkatkan progesteron, dan dapat membantu mengontrol perdarahan menstruasi berlebihan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS