Sukses

Makna Warna Cat Rumah Secara Psikologis

Psikologis warna memberikan rekomendasi cat kamar atau tumah yang tepat--berkaitan dengan psikologis penghuninya.

Liputan6.com, Jakarta Saat hendak menentukan pilihan warna cat para keluarga tentu sangat mempertimbangkannya. Sebab memilih warna dan dekorasi rumah berkaitan dengan selera penghuninya.

Dalam ranah psikologis, pemilihan warna ternyata memberikan efek mendalam bagi perilaku dan emosional sang penghuni.

"Warna adalah bahasa non-verbal yang universal," ungkap color consultant dari Old Greenwich, Leslie Harrington, dikutip laman WebMD, Senin (20/06/2016)

Lebih jelasnya, berikut pilihan warna yang memiliki keeratan emosional secara psikologi, yaitu:

- Ruang keluarga

Warna cat yang disarankan untuk ruang keluarga adalah merah, kuning (jeruk), cokelat muda atau cokelat pastel, dan krem.

Pilihan warna tersebut cocok untuk diaplikasikan pada ruang keluarga bahkan ruang tamu. Dalam psikologi warna, warna tersebut mampu merangsang percakapan lebih efektif.

"Ini adalah warna yang mendorong orang untuk duduk-duduk santai dan berbicara. Anda pun akan merasakan kehangatan dan koneksi yang baik dengan orang lain," ujar Kate Smith, color consultant di Lorton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamar tidur

- Kamar tidur

Kamar tidur yang digunakan untuk beristirahat dan privasi dapat diberikan warna yang memiliki efek menenangkan, seperti biru, hijau, dan lavenders.

Selebihnya, hindari warna cat kamar yang gelap karena akan memperburuk kualitas hidup bahkan kesehatan seperti mengumpulnya nyamuk dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Kamar anak

- Kamar anak

Seorang anak atau remaja yang masih memiliki keinginan juga setumpuk ide cemerlang biasanya akan lebih memilih untuk mengambar, melukis, atau mendekorasi kamarnya sendiri.

Hal tersebut sah-sah saja selama dapat meningkatkan keharmonisan keluarga. Bagi Anda yang memiliki anak atau remaja biarkanlah mereka memilih skema cat sendiri.

4 dari 4 halaman

Kamar mandi

- Kamar mandi

Putih akan selalu menjadi pilihan umum. Sebagian besar individu berpikir warna putih mengandung arti kebersihan dan kemurnian.

Menurut Harrington, "Kebanyakan orang merasa nyaman dengan warna biru, hijau dan putih gading karena warna-warna ini memberikan rasa yang bersih dan segar, juga tenang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini