Sukses

6 Alternatif Pengganti Tepung Putih

Liputan6.com, Jakarta - Tepung putih, menjadi salah satu bahan makanan yang kerap dihindari bagi mereka yang sedang diet atau penyuka makanan sehat. Mereka pun tak bisa menikmati kue atau makanan yang dihasilkannya.

Namun, kini Anda tak perlu khawatir kegemukan karena makan brownies yang berlebihan. Karena ada enam alternatif tepung yang dapat digunakan sebagai pengganti tepung putih.

Berikut ini tepung yang bisa jadi pilihan untuk membuat berbagai makanan favorit.

1. Kacang Hitam

Seperti kebanyakan kacang-kacangan, kacang hitam yang dikemas dengan protein dan serat itu bisa membantu menstabilkan proses pencernaan.

Kacang hitam juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Diantaranya, vitamin A, zat besi, kalsium serta mineral penting.

Berbagai macam pengganti tepung putih

2. Buncis

Selain untuk sayuran, tahukah Anda kalau buncis juga dipakai untuk permen? Karena buncis mengandung banyak protein, dan serat serta nutrisi antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten.  Buncis juga juara untuk penderita diabetes karena bisa mengatur gula darah sehingga aman dikonsumsi.

3. Gandum

Gandum bisa dipakai sebagai pengganti tepung putih yang kaya akan protein, dan mangan. Selain itu, gandum juga mengandung beta glucan, sebuah serat yang bisa menurunkan kolesterol.

4. Almond

Makanan satu ini tinggi akan protein dan rendah karbohidrat. Almond tumbuk menjadi makanan favorit yang dipergunakan untuk pengganti tepung.

Mengonsumsi satu ons almond sebelum sarapan, bisa mempertahankan kadar gula yang sehat di dalam tubuh. Selain itu, juga bisa mempertahankan serangan jantung koroner.

5. Kembang kol

Makanan satu ini mengandung tinggi vitamin K, serta rendah karbohidrat. Senyawa ini juga mampu mengurangi risiko stroke. Mengonsumsi kembang kol secara teratur membantu menjaga tingkat kolesterol tubuh tetap terkendali. Juga bagus untuk usus, dan mengurangi kanker.

Berbagai macam pengganti tepung putih

6. Tepung Gandum

Meski tidak bebas gluten, tepung gandum ini memiliki lebih banyak protein dari tepung putih. Soal rasa, tak usah khawatir karena tak berbeda dari tepung biasa.

Tepung ini mengandung vitamin seperti folat, riboflavin, vitamin B1, B3, dan B5, sehingga Anda tak perlu merasa takut untuk makan setumpuk pancake.