Sukses

4 Cara Bangkitkan Semangat Tanpa Kafein

Meskipun Anda kurang tidur dan harus tetap beraktivitas, ada cara lain untuk membangkitkan semangat.

Liputan6.com, Jakarta Saat lelah namun masih harus berkutat dengan tumpukan pekerjaan, pilihannya tentu jatuh pada minuman berkafein seperti teh atau kopi untuk membuat tubuh terjaga. Namun sebagian orang yang memiliki masalah lambung, tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Tenang, meskipun Anda kurang tidur dan harus tetap beraktivitas, ada cara lain untuk membangkitkan semangat tanpa perlu mengonsumsi kafein. Simak penuturan Anne Milasincic Andrews, Ph.D dari klinik Neurofarmakologi University of California, Los Angeles, seperti dikutip Huffingtonpost, Rabu (7/10/2015) berikut ini:

1. Menonton video

Saat Anda menonton video komedi khususnya, fokus Anda akan teralihkan sementara waktu. Bila Anda kecanduan bermain Candy Crush, mungkin Anda bisa memainkannya selama beberapa menit untuk menstimulasi otak agar tidak bosan.

2. Minum segelas air

Kelelahan, bisa jadi karena kurang minum. "Dehidrasi bisa memengaruhi kinerja otak Anda. Ketika volume darah menurun, maka aliran darah dan nutrisi ke otak juga melambat," kata Andrews.

3. Jalan-jalan

Jalan-jalan di sekitar kantor bisa membuat Anda lebih terjaga. Beberapa penelitian menunjukkan, paparan cahaya meningkatkan kesadaran. Selain itu, aktivitas fisik beberapa menit di meja kerja juga cukup membantu.

4. Mengemil

Seperti kebanyakan orang lainnya akan memilih camilan sebagai cara menghilangkan kantuk atau kebosanan di kantor. Tapi hati-hati, kalori tinggi pada camilan.

"Glukosa darah Anda akan mencapai titik terendah sekitar tiga jam setelah makan. Untuk itu usahakan camilan bernutrisi seperti buah," kata Andrews.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini