Sukses

Dokter Berbagi Kisah Pasien Kanker dalam Sebuah Buku

Liputan6.com, Jakarta Berkecimpung menangani pasien kanker dalam kesehariannya membuat dokter Ang Peng Tiam dari Parkway Cancer Centre berbagi pengalaman dan wawasannya tentang penyakit ini. Berdasarkan kisah pasien-pasiennya yang telah melalui perjalanan berat melawan kanker ia menuturkannya dalam sebuah buku berjudul Hope and Healing.

“Dalam Hope and Healing, saya menunjukkan bagaimana kanker dapat memperjelas kehidupan kita, bagaimana dalam perjalanan menuju kematian, kita dapat menemukan kata-kata dan perbuatan-perbuatan yang memberi makna hidup. Pelaksanaan---bukan pencarian---makna inilah yang menjadi prioritas utama bagi para penderita kanker," terang dokter Ang dalam pers rilis yang diterima Health-Liputan6.com pada Sabtu (29/8/2015).

Lewat para pasien kanker, Dokter Ong belajar bahwa kematian bukan untuk ditakuti; yang sesungguhnya harus ditakuti adalah bahwa pada saat kematian, kita menemukan bahwa kita tidak cukup memberi makna pada kehidupan.

Ia pun selalu mengingatkan pentingnya pantang menyerah terhadap penyakit ini. "Jangan pernah menyerah ketika peluang untuk berjuang masih ada," begitu salah satu kalimat dokter Ang dalam buku ini.