Sukses

Cara Obati Telinga Congek pada Anak tanpa Operasi dan Obat

Liputan6.com, Jakarta - Dua ratus ribu orang anak harus diobati dan ditangani secara serius karena menderita otitismedia atau penyakit telinga lain seperti congek (glue ear) setiap tahun. Gangguan telinga ini umum dialami seorang anak di mana telinga mereka penuh dengan cairan.

Kini para peneliti telah menemukan metode baru agar penderita congek tidak lagi mengonsumsi obat-obatan atau jalani operasi khusus, yaitu small nose balon. Menggembungkan balon dengan cara meniup melewati setiap lubang hidung yang nantinya akan membuka saluran Eustachia guna mendorong pembuangan cairan kental yang memenuhi bagian tengah telinga.

Para peneliti telah menguji metode `autoinflation` ini pada 300 orang anak berusia empat sampai 11 di Inggris yang memiliki riwayat congek dengan cairan yang setidaknya memenuhi satu bagian telinga saja. Tiga bulan kemudian, separuh anak memiliki tekanan telinga yang kembali normal.

"Semua perawatan medis yang tersedia seperti antibiotik, antihistamin, dekongestan, dan stereoin intranasal tidaklah efektif menyembuhkan congek. Autoinflation ini adalah prosedur termurah yang dapat diajarkan kepada anak-anak. Kualitas hidup anak pun terjamin," kata peneliti utama Dr Ian Williamson dikutip dari situs Times of India, Senin (3/8/2015).

 

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video