Sukses

7 Cara Jadi Pribadi Bermental Tangguh

Liputan6.com, Jakarta Memiliki mental kuat ditambah percaya diri tinggi terhadap sesuatu bisa memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Hal ini akan membuat seseorang tetap gigih mencapai tujuan meski banyak halangan menghadang baik dalam karir, sekolah, hingga perekonomian.

Sayang tidak semua orang terlahir dan dididik dengan mental baja. Namun, tak perlu rendah diri. Meski tak terlahir dengan sifat tersebut asalkan mampu mengembangkan tujuh cara yang biasa dilakukan mereka yang memiliki memiliki mental kuat seperti dilansir Yourtango, Jumat (10/7/2015), Anda pun bisa menjadi lebih tangguh.

 

 

2 dari 4 halaman

Mampu kendalikan hidup

1. Mampu kendalikan hidupnya 

Di dunia ini ada dua jenis orang: mereka yang percaya akan takdir dan mereka yang percaya mampu mengendalikan sesuatu.
Sebaiknya, Anda memilih yang kedua. Bukan berarti tidak percaya takdir, melainkan langsung bergerak tanpa menunggu keberuntungan dan tak perlu khawatir akan nasib buruk. Biasanya orang dengan mental tangguh langsung bergerak seolah-olah keberhasilan atau kegagalan dalam kendalinya.

2. Fleksibel

Hidup tak selalu berjalan seperti yang direncanakan, akan ada kejutan-kejutan di dalamnya. Bersifat fleksibel menghadapinya membuat Anda terbuka terhadap sesuatu yang tak terduga.

3. Mau belajar dari kesalahan 

Sebuah kesalahan bisa membuat Anda runtuh, tapi bisa juga menjadi pelecut untuk berhasil di masa depan. Anggap saja kesalahan ini sebagai latihan yang akan menguatkan Anda. 

 

 

3 dari 4 halaman

Punya tujuan spesifik

4. Punya tujuan spesifik

Tak memiliki arah atau tujuan hidup bisa membuat Anda tak jelas dalam mencapai sesuatu. Sebuah studi dari Harvard menemukan siswa yang telah menentukan tujuan spesifik cenderung mendapatkan hasil dua kali lebih banyak maupun optimal dibanding yang tidak memiliki tujuan.

5. Menerima diri sendiri

Menerima dan mengakui kemampuan diri sendiri tidak hanya membuat Anda lebih percaya diri, tapi juga memberikan kekuatan untuk memiliki kehidupan lebih bahagia.

 

 

4 dari 4 halaman

Stres terkontrol

6. Stres terkontrol

Tak dipungkiri masalah dalam hidup pasti ada yang bisa memicu stres. Jika cepat menyadari hal tersebut lalu mampu mengatasinya akan membuat Anda lebih baik.

Sebuah studi dari New York University menemukan stres yang terjadi pada seseorang terus menerus membuat orang tersebut sulit mengendalikan emosi.

7. Tidak gila kontrol

Meski memegang kendali terhadap hidup, bukan berarti menjadi gila kontrol. Biarkan hal-hal kecil di luar kendali terjadi, asal tidak membuat pengaruh besar dalam kehidupan.