Sukses

Hindari 10 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta Pasangan bertengkar adalah hal yang wajar. Dari rasa marah itu terkadang membuat hubungan menjadi lebih hangat. Tidak peduli di mana dan apa yang Anda lakukan saat marah, seharusnya Anda tidak melakukan hal-hal yang menyakiti pasangan Anda.

Idealnya, seharusnya Anda mencoba melakukan hal-hal romantis setelah bertengkar sehingga Anda dan pasangan bisa kembali berbaikan. Setidaknya Anda tidak terus berpikir tentang bagaimana cara menghukum pasangan Anda. Yang diperlukan adalah berpikir bagaimana caranya mengakhiri pertengkaran ini.

Sebenarnya akan lebih mudah untuk berbaikan saat Anda tidak mengedepankan ego Anda. Anda perlu menyadari bahwa pernikahan terdiri atas dua kepala yang menjadi satu. Selalu ingat bahwa tidak ada salahnya meminta maaf bahkan jika Anda tidak salah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

10 Tindakan

Berikut ini adalah 10 tindakan 'haram' yang harus dihindari saat bertengkar dengan pasangan, seperti yang ditulis Boldsky, Senin (6/7/2015):

1. Hindari mematikan telepon

Ini adalah hal paling tidak dewasa yang bisa dilakukan setelah bertengkar. Tanpa Anda sadari Anda sangat menyakiti pasangan dengan melakukan ini, karena mungkin saja pasangan Anda ingin mengucapkan “maaf”.

2. Perang diam

Saat Anda tidak berkomunikasi dengan pasangan, tidak membalas pesan atau menjawab teleponnya karena sedang ingin mendiamkan dia, bisa saja pasangan Anda juga akan melakukan hal sebaliknya kepada Anda. 

 

 

3 dari 6 halaman

Membuat alasan

3. Membuat alasan

Jangan pernah mencari pembenaran atas pertengkaran dengan mencari alasan. Dan jangan pernah menyalahkan pasangan sebagai satu-satunya penyebab terjadinya pertengkaran.

4. Mengatakan “Maaf” terlalu cepat

Jangan mengucapkan kata maaf terlalu cepat setelah terjadi pertengkaran. Ketika Anda tergesa-gesa mengatakan maaf, pasangan Anda akan berpikir Anda tidak serius.

 

 

4 dari 6 halaman

Bercinta untuk akhiri konflik

5. Bercinta hanya untuk mengakhiri pertengkaran

Ini adalah hal yang romantis untuk dilakukan setelah bertengkar. Namun jangan melakukan ini hanya untuk berhenti bertengkar, padahal Anda masih merasa sakit hati atau marah.

6. Terus menerus memikirkan pertengkaran

Jangan pernah merenungkan pertengkaran terlalu lama. Ketika Anda terus berpikir tentang pertengkaran, Anda hanya akan berakhir dengan perasaan menyakitkan dan dendam. 

 

 

5 dari 6 halaman

Memasang status pertengkaran

7. Memasang status tentang pertengkaran

Memasang status menyedihkan dalam akun media sosial hanya akan mengumbar pertengkaran di depan orang banyak. Teman akan bertanya apa yang terjadi, dan hal ini hanya akan memberi kesan bahwa pasangan Anda tidak baik.

8. Mencoba membuat pasangan cemburu

Jangan melakukan hal ini hanya untuk membuat pasangan cemburu, karena hal ini hanya akan menyulut api yang lain dalam hubungan Anda yang sedang dalam masa sensitif.

 

 

6 dari 6 halaman

Keluarkan kata kasar

9. Mengeluarkan kata kasar

Jangan terus-menerus mengeluarkan kata-kata kasar pada pasangan saat bertengkar. Bahkan jika pertengkaran itu karena pasangan.

10. Fokus pada pasangan

Saat sedang bertengkar mungkin pasangan Anda ingin berbicara, namun Anda mungkin tidak ingin mendengarkan. Jangan mengacuhkan pasangan Anda, katakan dengan terus terang bahwa Anda sedang tidak dalam kondisi dan pikiran yang bisa diajak berbicara, mungkin nanti setelah Anda merasa lebih baik. (Yasmine)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS