Sukses

9 Penyakit Serius yang Bisa Ditangkal dengan Kopi

Liputan6.com, Jakarta Journal of the National Cancer Institute mengatakan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit. Studi ini mendata 447.400 orang pada tahun 1995 dan 1996, yang terus dipantau selama 10 tahun. Hasilnya, orang yang sering minum kopi memiliki risiko lebih kecil terkena melanoma dibandingkan orang yang jarang atau tidak mengonsumsi kopi

Studi ini bukan yang pertama kalinya menyebarkan kabar baik tentang manfaat kopi. “Kopi kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan,” ungkap Joy Baueur, pakar nutrisi dan kesehatan Everyday Health & The Today Show.

Selain menurunkan risiko terkena kanker kulit, kopi juga dapat menangkal berbagai masalah kesehatan. Berikut 8 penyakit lainnya yang dapat kita cegah dengan minum kopi, dilansir dari Everydayhealth, Senin (8/6/2015).

2 dari 3 halaman

Penyakit 1 - 4

1. Stroke

Dalam Jurnal Stroke, perempuan yang meminum kopi satu cangkir atau lebih dalam satu hari memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena stroke.

2. Diabetes

Kopi kaya akan mineral magnesium dan chromium yang dapat mengontrol kadar gula darah. Para peneliti dari UCLA mengungkap bahwa perempuan yang meminum 4 cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes sebanyak 60 persen. 

3. Stres

Aroma kopi dapat meminimalisir dampak stress karena kurang tidur. Penelitian pun dilakukan pada tikus yang kurang tidur. Aroma kopi yang dihirup tikus ternyata dapat merangsang aktivitas gen yang dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan akibat stress.

4. Gigi Berlubang

Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa kopi dapat membantu masalah pengeroposan gigi. Senyawa trigonelline yang ada pada kopi (pembentuk rasa dan aroma kopi) memiliki kandungan antibakterial yang dapat mencegah pengeroposan akibat kuman, seperi Streptococcus mutants

3 dari 3 halaman

Penyakit 5 - 8

5. Parkinson

Para peneliti di Duke University Medical Center mengatakan bahwa kafein pada kopi dapat berpengaruh pada gen GRIN2A yang mampu menurunkan risiko parkinson.

6. Kanker Payudara

Journal Cancer & Control mengungkap bahwa perempuan yang meminum lebih dari 4 cangkir kopi Scandinavian atau berbagai varian kopi French Press, Turkish dan Greek dalam satu hari, dapat menurunkan risiko kanker payudara. 

7. Jantung

Para peneliti di Belanda mengungkap data bahwa orang yang meminum kopi 2-4 gelas sehari dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 20 persen. 

8. Kanker Kepala dan Leher

Di Italia, para peneliti juga mengungkap bahwa kopi dapat menurunkan risiko kanker kepala dan leher. Jika diminum sekitar 4 cangkir sehari, dapat mengurangi risiko berbagai kanker mulut dan tenggorokan sebesar 40 persen. (Aji)

 

Loading