Sukses

Tak Bisa Melihat, Aku Bisa Mandiri Besarkan 3 Putriku

Meski buta, Maya mampu mengasuh anaknya dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan fungsi penglihatan karena campak di usia tiga tahun tidak membuat Maya yang kini sudah berusia 42 tahun kehilangan semangat jalani kehidupan. Ia pernah mengenyam pendidikan di sekolah luar biasa yang terletak di Cilandak lalu menikah dan memiliki tiga puteri.

Bersama sang suami, yang juga tunanetra, mereka memiliki tiga putri. Pengasuhan ketiga putrinya memang sebagian besar berada di tangan Maya, sementara sang suami yagn  mencari nafkah.

Sebagai seorang ibu di usia 15 tahun, Maya memberikan ASI, membuatkan makanan, memasak, mengajari berjalan dan hal lain yang biasa dilakukan seorang ibu. Ia merasa tak ada perbedaan antara dirinya dengan orang yang bisa melihat.

"Semua peralatan dan perlengkapan diletakkan sesuai tempatnya jadi saya merasa tak pernah kesulitan dalam mengasuh anak-anak," terang Maya saat dijumpai Health-Liputan6.com dalam perjalanan dari Bekasi ke Slipi di tulis Senin (26/1/2015).

Semua keterampilan dasar rumah tangga ini ia dapatkan saat bersekolah di SLB. Delapan tahun mengenyam pendidikan ia keluar dan mengingat pesan yang diajarkan di sekolahnya bahwa sebagai tunanetra tidak boleh terlalu banyak menggantungkan diri dengan orang lain.

Mulai dari berbelanja ke pasar, memasak, mencuci baju, menyetrika, hingga memasak anak mampu ia lakukan. Semuanya ia lakukan dengan mengandalkan feeling, sentuhan dan suara.

Banyak orang yang mengakui kemampuannya dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, bahkan tetangga kontrakkannya ada yang memintanya untuk mengajari memasak tumis kangkung. "Saya heran saja, orang bisa meliha kok malah tanya sama yang buta," tuturnya sambil tertawa.

Kini, anak-anaknya sudah besar, yang terkecil masih bersekolah di SMK. Kini, ia tinggal seorang diri usai bercerai dengan suami. Penghasilannya didapatkan dari usaha pijat dan bisnis penjualan barang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini