Sukses

Anda Berisiko Terkena Serangan Jantung? Cek dengan Cara Ini

Bila Anda pria berusia di atas tiga puluh dan khawatir akan kesehatan jantung, coba ikuti kuis annecollins.com ini

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda pria berusia di atas tiga puluh dan khawatir akan kesehatan jantung, coba ikuti kuis annecollins.com ini. Kuis ini akan memberikan sumbangan saran bagaimana sebaiknya Anda bertindak untuk kesehatan jantung

1. Apakah Anda bukan perokok? Bila Anda termasuk perokok, berhati-hatilah. Rokok berisi lebih dari 850 zat racun yang menyebabkan kerusakan jantung. Hasilnya? Sebungkus rokok meningkatkan risiko dua kali lipat kena serangan jantung dan lima kali lipat kena stroke.

2. Apakah Anda rutin berolah raga? Pria yang sehari-hari bekerja di belakang meja dan kurang bergerak punya risiko kena serangan jantung dua kali lipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membatasi konsumsi

3. Apakah Anda membatasi konsumsi makanan berlemak tinggi? Makanan yang termasuk berlemak tinggi adalah sate kambing, susis, burger, makanan siap saji, makanan gorengan, kue-kue, mayones, coklat. Makanan jenis ini mengandung lemak jenuh yang merupakan pemicu serangan jantung.

4. Apakah Anda makan sayur dan buah-buahan setiap hari? Sayur dan buah-buahan melindungi jantung Anda. Bila Anda perokok, sebaiknya makan buah dan sayur lebih banyak lagi.

5. Apakah Anda makan ikan laut seperti mackerel, sardin, herring dan salmon? Ikan laut mengandung lemak unik yang menurut para ahli mengurangi risiko terkena serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Hindari stres

6. Apakah Anda menghindari stres secara teratur? Peluang Anda untuk kena serangan jantung naik dua kali lipat dalam 1 jam setelah peristiwa yang menyebabkan stres.

7. Apakah Anda mengkontrol berat badan? Kelebihan berat badan melipatgandakan risiko kena serangan jantung, stroke dan diabetes.

8. Apakah Anda menghindari minuman keras? Alkohol adalah racun yang merampok vitamin dan mineral penting dalam tubuh yang melindungi jantung.

9. Apakah Anda menjalankan diet seimbang? Menurut ahli ada 45 zat gizi yang membantu tubuh kita tetap sehat. Semua zat nutrisi ini bisa diperoleh lewat diet seimbang.

4 dari 4 halaman

Diet seimbang

Diet seimbang terdiri dari buah-buahan, sayur, roti, kentang, sereal, ikan, ayam dan kacang-kacangan ditambah produk susu rendah lemak dan sedikit daging merah.

Analisis : Bila Anda menjawab ya untuk semua pertanyaan di atas atau ya untuk tujuh pertanyaan di atas, berarti Anda termasuk berisiko rendah kena serangan jantung. Bila tidak, disarankan agar segera melakukan tes kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini