Sukses

Pelajaran dari ‘Hilangnya’ Pesawat Malaysia Airlines MH 370

Liputan6.com, Jakarta Sejak hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 dan meski telah dikonfirmasi kejatuhannya, namun puing pesawat ini belum dtemukan dengan jelas.

Selasa, (25/3) ini, Oliver McGee, mantan Deputy Assistant Secretary of Transportation divisi kebijakan teknologi dari pemerintah Amerika Serikat mengadakan diskusi terbuka dengan Fox News bahwa sudah saatnya maskapai penerbangan melakukan inovasi terbaru.

Pria yang terkenal di era pemerintahan Bill Clinton tersebut mengatakan bahwa untuk keamanan dan keselamatan penerbangan baik masa kini dan mendatang, Black Box seharusnya disimpan juga di cloud atau komputasi awan. Hal ini, menurut McGee, memudahkan sehingga data dalam Black Box tetap dapat diakses meski pesawat belum ditemukan ketika hilang atau kecelakaan.

Dalam wawancara khususnya dengan Reuters, McGee menjelaskan bahwa penyimpanan data penerbangan dalam Black Box ini setidaknya dilakukan untuk penerbangan panjang yang melintasi Samudra Hindia atau kendali area luas seperti Amazon di Brazil.

Pria yang juga merupakan pendiri organsasi Partnership Possibilities for America ini juga mengemukakakan pemikirannya mengenai 4 Big-Mega Trend terkait bisnis maskapai penerbangan, kokpit, navigasi, komunikasi penerbangan, manajemen kontraol udara, dan keamanan dan keselamatan penerbangan internasional yaitu:
1. Cloud Streaming untuk data Black Box tertentu
2. Big Data untuk intelegensi bisnis operasi penerbangan dan analisa data
3. Advanced wireless yang terpadu untuk sistem manajemen informasi kokpit, sisem pengendali lalu lintas udara terpadu, (setidaknya pada beberapa tugas atau tahapan operasi tertentu dalam menara pengendali bandara), sistem manajemen Mobile Working Capital untuk bisnis maskapai, analisa manajemen pencairan tunai, dan komunikasi keuangan pasar internasional
4. Komunikasi di media social terkait situasi tertentu, mediasi internal, investigasi kecelakaan pesawat dan perbaikannya, serta manajemen relasi media.

Esensialnya, menurut McGee, keempat mega trend teknologi ini mengawinkan sistem komputasi awan secara simultan, situasi dunia penerbangan, komunikasi, dan teknologi media sosial yang dapat diaplikasikan pada dunia penerbangan masa depan.

Sebelum konfirmasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 ke Samudra Hindia, hilangnya pesawat ini merupakan salah satu misteri terbesar dalam dunia penerbangan.

Oliver McGee adalah profesor mesin mekanik dari Howard University di Amerika Serikat. Pria yang dikenal sebagaipenasihat senior divisi kebijakan sains dan teknologi pada masa pemerintahan Presiden Bill Clinton(1997 – 1999) ini juga dikenal sebagai senior dalam dunia mekanik dan teknik mesin penerbangan.

    Loading