Sukses

2 Kloter Jemaah Haji Mulai Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah

Liputan6.com, Jakarta - Lebih kurang 740-an jemaah haji Indonesia meninggalkan Madinah menuju Makkah hari ini, Minggu (12/6/2022). Jemaah berasal dari dua kloter yakni SOC 1 berjumlah lebih kurang 358 orang dan JKG 1 lebih kurang 388 orang.

"Alhamdulillah setelah proses yang panjang sebelum keberangkatan ini, kita harus proses dokumen jemaah dan datanya ke dalam sistem Muasassah, karena ada perubahan sistem kita komunikasikan dengan berbagai pihak, Alhamdulillah jelang berangkat semua selesai," kata Kepala Daerah Kerja Madinah, Amin Handoyo, kepada Media Center Haji Daker Madinah, Minggu (12/6).

Jemaah dijadwalkan berangkat pukul 16.00 atau 17.00 waktu Saudi. Amin memastikan data jemaah haji yang akan berangkat hari ini sudah dikirimkan ke Makkah.

"Kita sudah kirim jadwal ke Makkah untuk hari ini 2 kloter SOC dan JKG 1," katanya.

Sebelum menuju Makkah, jemaah akan berhenti sebentar di Masjid Bir Ali untuk melakukan salat sunah dan melaksanakan miqat serta niat ihram. Setelah dipastikan semua jemaah mengenakan ihram dan berniat, jemaah kembali ke bus kemudian menuju Makkah.

Perjalanan dari Madinah menuju Makkah lebih kurang 480 km atau 5-6 jam.

Amin menambahkan, untuk Senin (13/6) besok lebih kurang enam kloter akan diberangkatkan ke Makkah. Rencananya, pemberangkatan mulai pukul 7 pagi

"Jadwal juga sudah kita kirim ke Makkah," katanya.

Pantauan merdeka.com, dua kloter jemaah menuju Makkah adalah mereka yang menginap di dua hotel di sektor satu. Tampak jemaah mulai sibuk hilir mudik di lobi hotel menuju bus yang akan membawa mereka ke Bir Ali.

Koper jemaah sudah lebih dulu dimasukkan ke bagasi bus. Sementara koper cabin dan tas dokumen tampak dipegang langsung oleh jemaah.

Jemaah laki-laki maupun perempuan mayoritas mengenakan baju ihram putih. Tetapi beberapa jemaah menambahkan seperti kain, atau syal sebagai identitas pembeda.

Jemaah akan berada di Makkah lebih kurang 25 hari sebelum nantinya melaksanakan puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Jemaah haji yang lebih dulu datang ke Madinah akan kembali ke Tanah Air paling awal melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

PPIH Makkah Bersiap

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1443H sudah tiba di Mekkah pada Kamis 9 Juni 2022 waktu Saudi.

Setelah melakukan rapat koordinasi, seluruh petugas siap menyambut kedatangan jemaah haji.

Jemaah yang akan pertama kali adalah jemaah gelombang satu yang diberangkatkan dari Madinah pada tanggal 12 Juni besok, ba'da Ashar. Jemaah berangkat terdiri dari dua kloter yakni SOC 1 dan JKG 1.

"Persiapan di Makkah sendiri, Alhamdulillah semua petugas sudah hadir di sini, baik sektor, Daker semua sudah siap. Tadi malam sudah dilakukan koordinasi dan pagi ini sudah siap melakukan tugas melaksanakan persiapan baik itu akomodasi, katering dan transportasi," kata Kadaker Makkah, Mukhammad Khanif, kepada Media Center Haji (MCH) di Mekkah, Sabtu (11/6/2022).

Untuk akomodasi, kata Khanif menyebut, penempatan jemaah berbasis zonasi. Penerapan zonasi agar petugas bisa memahami karakteristik para jemaah haji sesuai daerah asalnya.

 

Reporter: Lia Harahap/Merdeka.com

  

3 dari 3 halaman

Ada 5 Sektor Disiapkan

Ada lima sektor yang dipersiapkan yakni, sektor satu untuk jemaah dari embarkasi Lombok dan Surabaya. Kemudian sektor dua dari embarkasi Batam dan Ujung Pandang.

Sektor tiga untuk embarkasi Banjarmasin, Jakarta Pondok Gede, Palembang dan Medan Sumatera Utara. Sektor empat untuk embarkasi Solo, Padang, Banjarmasin dan terakhir sektor lima untuk embarkasi Jakarta Bekasi dan Misfalah.

"Kita berharap petugasnya juga berasal dari wilayah yang sama, karena banyak kita temukan jamaah yang belum memahami secara utuh mengenai bahasa misalnya. Nah pendekatan yang zonasi ini diharapkan bisa memberi pelayanan yang lebih baik lagi," jelasnya.

Khusus untuk dua kloter yang akan diberangkatkan ke Mekkah besok, untuk SOC 1 akan menginap di Hotel Kiswah. Sementara jemaah JKG 1 akan menginap di Hotel Luluah di sektor 3.