Sukses

Hari Ini, 3 Kloter Jemaah Haji Akhiri Layanan Eyab di Madinah

Liputan6.com, Madinah - Jalur khusus kepulangan jemaah haji bernama Eyab akan berakhir pada Sabtu (14/9/2019). Layanan Eyab diharapkan bisa kembali diterapkan pada musim haji di tahun berikutnya.

Berdasarkan data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mencatat, jemaah haji yang terakhir mendapatkan layanan Eyab yakni Embarkasi Surabaya 14 (SUB-84) dan SUB-85 serta Jakarta-65 (JKG-65).

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat menuturkan jika sejauh ini layanan Eyab mendapatkan respons yang sangat baik dari jemaah haji.

"Alhamdulillah lancar ya lancar sambutannya, begitu bagus. Para jemaah bahkan mereka mungkin berharap program model seperti ini bisa berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya,"ujar dia di Madinah.

Jumlah jemaah haji yang mendapatkan layanan diharapkan bisa bertambah. Adapun pada tahun ini, sebanyak 28 kloter jemaah haji Indonesia bisa menikmati layanan Eyab di Bandara Prince Mohammed bin Abdulazizi, Madinah.

Sementara di Bandara King Abdulaziz, Jeddah sebanyak 16 kloter.

Eyab merupakan salah satu program dari Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan kenyamanan lebih bagi jemaah haji. Khusus di Bandara Madinah, hanya jemaah asal Indonesia dan Malaysia yang mendapatkannya.

Sementara di Bandara Jeddah, sebanyak 3 negara mendapatkan layanan ini, yakni Indonesia, Malaysia dan India.

"Jumlahnya pun kami harapkan lebih banyak daripada jumlah yang diberikan pemerintah Arab Saudi pada tahun. Ini artinya ya bisa lebih banyak 2 kali lipat," dia menandaskan.

 

 

2 dari 2 halaman

15 September Esok, Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Berakhir

Pemulangan jemaah haji Indonesia akan berakhir pada Minggu dini hari (15/9/2019). Jemaah haji kloter 15 Embarkasi Balikpapan (BPN-15) menjadi yang terakhir kembali ke Tanah Air.

Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat di Madinah, Minggu (14/9/2019).

"Pemberangkatan atau kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi atau dari bandara Madinah ke tanah air itu pada tanggal 15 September jadi besok," ujar dia.

Dia menuturkan pada hari terakhir pemulangan tersebut akan diberangkatan sebanyak 4 kloter.

Keempat kloter tersebut, yakni Embarkasi Solo 96 (SOC-96), Ujung Pandang-40 (UPG-40), Banjarmasin 19 (BDJ-9) dan Balikpapan-15 (BPN-15).

Di mana, jemaah terakhir yang pulang adalah BPN-15 yang lepas landas pada pukul 02.25 Waktu Arab Saudi (WAS).

Dia menuturkan seiring pemulangan jemaah haji BPN-15 akan menuntaskan proses pemulangan seluruh jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi.

Jemaah yang tinggal hanya mereka yang masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit di Arab Saudi maupun klinik kesehatan

"Selama ini (proses pemulangan) so far so good. Jadi tidak terlalu ada masalah yang berarti." dia menandaskan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Percepat Pengajuan Slot Time Penerbangan Haji 2020
Artikel Selanjutnya
2020 Jadi Tahun Peningkatan Kualitas Manasik Haji