Sukses

Banyak Hotel Jemaah Haji Khusus Tak Sesuai Standar

Banyak hotel ditemukan mengalami penurunan peringkat dan berdampak ke layanan jemaah haji.

Liputan6.com, Madinah - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menemukan adanya penurunan layanan  penyelenggaraan ibadah haji khusus pada tahun ini. Salah satunya berkaitan dengan kelas hotel atau penginapan jemaah haji khusus.

Banyak hotel ditemukan mengalami penurunan peringkat dan berdampak ke layanan jemaah haji. Hal ini dinilai tidak sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM).

Demikian diungkapkan Kepala Daerah Kerja PPIH Madinah Akhmad Jauhari. Dia mengatakan jika merupakan hasil temuan dari tim pengawas Penyelenggaran Ibadah Haji Khusus (PIHK). 

"Di Madinah pada tahun ini ada perubahan status hotel. Ada yang tadinya bintang 4 turun jadi bintang 3 dan jumlahnya banyak," ujar dia di Madinah, Selasa (3/9/2019) 

Dia menyebut ada beberapa penyebab penurunan status hotel tersebut. Pertama, seiring adanya penurunan fasilitas hotel tersebut, yang membuat peringkat hotel ikut turun.

Kedua, penurunan kelas hotel adalah permintaan dari pengelola atau manajemen hotel tersebut. Dengan alasan faktor ekonomi.

Hotel yang mengalami penurunan peringkat, mulai dari bintang 4 ke 3 maupun bintang 3 ke 2. "Tentu ini berdampak ke layanan jemaah," ujar dia.

Berkaitan dengan ini, dia memastikan PPIH akan menindaklanjutinya. Itu karena tidak sesuai dengan perjanjian di awal kepada jemaah haji.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini