Sukses

100 Ribu Jemaah Haji Sudah Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Madinah - Jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Air terus bertambah. Hingga hari ini, mencapai 106.036 orang dari 262 kelompok terbang.

Adapun yang sudah dipulangkan ke Indonesia sebanyaj 110.608 orang dari 273 kloter. Dengan jumlah petugas sebanyak 13.65 orang.

Demikian mengutip data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kementerian Agama (Kemenag), Senin (2/9/2019).

Kepala Sektor Dua Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Mulyo Widodo menuturkan, sejauh ini pemulangan jemaah haji Indonesia berjalan lancar.

Jemaah haji Indonesia termasuk yang disiplin dan patuh dalam mengikuti segala aturan di Arab Saudi.

Pemerintah Saudi bahkan memberikan apresiasi dengan keteraturan jemaah haji Indonesai selama penyelenggaraan ibadah haji. Salah satunya saat kepulangan di bandara.

"Ini disampaikan kepada kita. Kalau saja jemaah haji dunia seperti Indonesia kita mau tidur saja. Itu disampaikan petugas bandara kepada kita, pada saat-saat acara santai," dia menandaskan.

Sedangkan 395 jemaah haji sudah menghembuskan nafas terakhirnya di Arab Saudi. Sebagian besar karena sakit.

2 dari 2 halaman

Pemulangan Jemaah Haji dari Bandara Jeddah Berakhir

Pemulangan jemaah haji dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah berakhir. Jemaah haji kelompok terbang 15 Embarkasi Batam (BTH-15) menjadi yang terakhir pulang ke Tanah Air dari Jeddah.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan PPIH Arab Saudi, Cecep Nursyamsi di Jeddah, Minggu (1/9/2019).

"Pemulangan jemaah terakhir pada gelombang 1 yang diberangkatkan dari juga diakhiri dari Embarkasi 15 Batam," jelas dia.

Jemaah haji BTH-15 yang berangkat ke Indonesia tercatat sebanyak 445 orang. Mereka berangkat dari Makkah pada pukul 23.15 Waktu Arab Saudi (WAS), Sabtu (31/8/2019).

Kemudian tiba di Jeddah pukul 01.15 WAS, dan terbang ke Indonesia pukul 07.15 WAS, pada Minggu (1/9/2019). 

Cecep menuturkan jika jemaah haji yang diberangkatkan dari Bandara Jeddah seluruhnya sebanyak 94.009 orang. Tahap selanjutnya adalah pemulangan jemaah haji dari Bandara Prince Mohammed bin Abdulaziz, Madinah.

Kepala Kloter BTH-15, Husban mengaku senang bisa kembali ke Tanah Air usai menunaikan ibadah haji.

Dia pun menyatakan apresiasi atas layanan dari pemerintah bagi seluruh jemaah haji yang dinilai baik di Tanah Suci.

"Kita merasa bahagia dilayani bahkan kami dilepas Dirjen PHU, beruntung sekali meski kami kloter terakhir. Tapi dapat pelayanan luar biasa dari rekan petugas di bandara dan mudah-mudahan berlanjut sampai Tanah Air," ungkap dia.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Catatan PPIH untuk Perbaikan Layanan Haji di Tahun Depan
Artikel Selanjutnya
Pemulangan Jemaah Selesai, Petugas Haji Bersiap Kembali ke Indonesia