Sukses

Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Makkah

Berdasarkan data Siskohat Kesehatan, hingga senin kemarin terdapat 271 jemaah haji Indonesia yang masih dirawat,

Liputan6.com, Jeddah - Separuh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Makkah menuju Jeddah dan Madinah. Angka pastinya, 274 kelompok terbang (kloter) atau 52 persen dari 529 kloyer jemaah haji Indonesia.

Ini berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag).

“274 kloter itu terdiri dari 167 kloter jemaah gelombang I yang diberangkatkan ke Jeddah, dan 107 kloter jemaah gelombang II yang diberangkatkan ke Madinah,” jelas Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Makkah Nurhannudin, kemarin.

Adapun sebanyak 67.729 jemaah dan petugas haji yang diberangkatkan ke Jeddah telah diterbangkan ke tanah air melalui Bandara King Abdulaziz.

Penerbangan dengan menggunakan dua maskapai, Garuda Indonesia Airlines (GIA) dan Saudi Arabia Airline (SV).

Sementara menurut Nurhan, berdasarkan data Siskohat Kesehatan, hingga senin kemarin terdapat 271 jemaah haji Indonesia yang masih dirawat, baik di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

“Sementara jumlah jemaah haji yang wafat hingga hari ini mencapai 347 orang. Berdasarkan data yang masuk, paling banyak jemaah wafat di Makkah yaitu sebanyak 265 orang,” ujar Nurhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.