Sukses

Suhu Saat Wukuf di Arafah Capai 33 hingga 37 Derajat Celcius

Liputan6.com, Gorontalo - Jemaah calon haji asal Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengikuti ibadah wukuf di Arafah dalam kondisi sehat. 

"Saat ini hampir pukul 10 pagi waktu Makkah, seluruh jemaah menunggu pelaksanaan khutbah wukuf yang akan berlangsung setelah salat Zuhur," ujar Zainal Aw Radjamuda, petugas nonkloter atau Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Bidang Kesehatan asal Gorontalo Utara, Sabtu (10/8/2019). 

Meski beberapa sempat merasakan suhu badan naik atau panas, batuk dan pilek, namun bisa diatasi.

"Maklumlah, perubahan cuaca membuat stamina para jemaah agak menurun.  Namun tidak sampai drop. Mereka hanya perlu beradaptasi dengan cuaca di tanah suci," ujar Zainal dilansir Antara.

Suhu saat ini kata Zainal, berada di kisaran 33-37 derajat Celcius. Kondisi tersebut menurutnya jauh lebih baik dibanding saat pelaksanaan ibadah haji tahun 2017 lalu, di mana mencapai 52 derajat Celcius.

"Saat itu, saya pun menjadi petugas PPIH, makanya bisa membandingkan suhu saat ini yang tidak sepanas dibanding dua tahun lalu," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Kondisi Kesehatan Jemaah Haji Sehat

Sementara itu, jemaah calon haji asal Gorontalo Utara, Abdul Hamid Tanaiyo mengatakan, beberapa perubahan kondisi tubuh sempat ia dan jemaah lainnya rasakan.

Namun, diakui Abdul lebih didominasi karena penyesuaian cuaca saja.

"Alhamdulillah kami sehat. Beberapa yang sempat sakit ringan bisa teratasi sebab ada jemaah yang membawa obat-obatan dari Tanah Air," ujarnya.

Saat ini kata dia, seluruh jemaah sementara berada di tenda-tenda menunggu pelaksanaan khutbah wukuf di Arafah.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekitar 1.000 Jemaah Haji Ajukan Tanazul Kepulangan
Artikel Selanjutnya
342 Wafat, 58.210 Jemaah Haji Sudah Kembali ke Indonesia