Sukses

6.200 Calon Haji dari 15 Kloter Tiba di Arafah

Liputan6.com, Makkah - Sebanyak 6.226 jemaah haji sudah berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf. Berasal dari 13 embarkasi dengan jumlah kelompok terbang (kloter) sebanyak 15.

Dari jumlah tersebut yang harus menjalani safari wukuf mencapai 48 orang. Adapun jumlah petugas sebanyak 75 orang. 

Demikian data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Bandara, hingga Jumat (9/8/2019) siang Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah yang berada di Arafah antara lain berasal dari Embarkasi Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Batam (BTH), Aceh (BTJ), Jakarta-Pondok Gede (JKG).

Kemudian Jakarta-Bekasi (JKS), Lombok (LOP), Medan (MES), Padang (PDG), Palembang (PLM) dan lainnya.

Sementara jemaah haji yang menjalani tarwiyah tercatat mencapai 10.779 orang. Total sebanyak 35 ribu jemaah haji melaporkan diri akan melaksanakan tarwiyah.

Keberangkatan jemaah haji dari Makkah menuju Arafah memang berlangsung pada Jumat ini, mulai pukul 07.00 sampai 12.00 malam Waktu Arab Saudi (WAS).

Pagi tadi, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin sempat memantau persiapan keberangkatan jemaah haji yang tinggal di Syisya.

Terkait dengan pelaksanaan puncak ibadah haji, Menag kembali mengingatkan agar jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan, memperhatikan asupan makanan yang cukup, tetap beristirahat, dan banyak minum.

"Karena prosesi tiga hari ke depan amat sangat membutuhkan stamina," dia memungkasi.

 

Tonton Video Ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekitar 1.000 Jemaah Haji Ajukan Tanazul Kepulangan
Artikel Selanjutnya
342 Wafat, 58.210 Jemaah Haji Sudah Kembali ke Indonesia