Sukses

Menag Berharap Arab Saudi Tambah Daya Tampung Jemaah Haji di Mina

Ada hal yang patut menjadi perhatian bila kuota jemaah bertambah. Terutama kapasitas daya tampung di Mina.

Liputan6.com, Jeddah - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengaku sedang mengupayakan meminta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan kapasitas daya tampung di Mina.

"Yang sedang kita lakukan adalah memohon kepada Pemerintah Saudi untuk segera meningkatkan kapasitas daya tampung Mina dengan cara meningkatkan tenda-tenda, toilet-toilet yang ada," jelas dia di Makkah, Kamis (1/8/2019).

 Dia mengaku pada dasarnya sangat senang apabila kuota haji Indonesia bertambah. Itu berarti warga Indonesia tidak membutuhkan waktu lama pergi ke Tanah Suci.

Pada tahun ini, Indonesia mendapatkan kuota haji tambahan sebanyak  10 ribu. Sehingga total kuota menjadi 231 ribu untuk reguler dan khusus.

Dia mengatakan, ada hal yang patut menjadi perhatian bila kuota jemaah bertambah. Terutama kapasitas daya tampung di Mina.

Bagi wilayah lain, perluasan fasilitas jemaah haji masih bisa dimungkinkan. Seperti sarana penginapan di Makkah, perluasan Masjid Haram dan Masjid Nabawi. Maupun lokasi Wukuf di Arafah. Tapi khusus untuk Mina karena wilayahnya sangat terbatas, perluasan masih sulit terjadi.

Dia mengatakan,apabila ada peningkatan kapasitas maka penambahan kuota haji seperti yang diberikan kepada Indonesia pada tahun ini menjadi sesuatu yang tidak mengkhawatirkan.

Sebaliknya, jika penambahan kuota tidak diiringi dengan penyiapan infrastruktur di Mina, dikhawatirkan bisa menimbulkan satu tragedi kemanusiaan. Kondisi yang bisa mengancam keselamatan jiwa jemaah Indonesia.

"Selama Pemerintah Saudi belum mampu meningkatkan daya tampung kapasitas dengan cara meningkatkan tenda-tenda dan toilet-toilet yang ada di Mina maka menambah kuota itu justru bisa mengundang kerawanan bahkan mengancam keselamatan jiwa jamaah haji itu sendiri.

 Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.