Sukses

Dipimpin Menag, Rombongan Amirul Hajj Tiba di Arab Saudi

Liputan6.com, Jeddah - Amirul Hajj yang juga Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Kedatangan Menag untuk memantau langsung pelaksanaan ibadah haji jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

Menteri dan rombongan tiba di jalur khusus (fast track) sekitar pukul 16.30 WAS,  Selasa (30/7/2019). Kedatangan disambut langsung Kepala United Agent Airport King Abdul Aziz, Jeddah Sahir bin Abdulaziz Mattar, serta Kepala Imigrasi Bandara Jeddah Jenderal Sulaiman Muhammad Al-yusuf.

Turut menyambut Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Nizar Ali. Kemudian Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi Dasir serta Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah Madinah Arsyad Hidayat.

Dari pantauan, begitu tiba di bandara, Menag langsung memantau layanan kedatangan jemaah haji Indonesia. Kebetulan kedatangannya bersamaan dengan ketibaan jemaah asal Embarkasi Makasar (UPG-32).

"Saya bersama Amirul Hajj baru tiba di Bandara Jeddah. Kemudian kedatangan saya manfaatkan untuk memantau proses penerimaan jemaah," ujar dia di Jeddah.

Dia mengaku sejauh pengamatannya, semua proses layanan kedatangan jemaah haji berjalan lancar. Mulai dari jemaah keluar pesawat sampai masuk ke bus menuju hotel di Makkah. "Jemaah hanya butuh kisaran satu jam, ini sangat cepat," tegas dia.

Demikian pula pada proses keimigrasian, rekam biometrik, sidik jari dinilai memperlancar kedatangan jemaah haji karena sudah berlangsung di tanah air.

 

 

 

Dia mensyukuri, jika layanan haji tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Hampir tidak ada masalah, salah satunya terkait pakaian ihram.

Upaya sosialisasi di tanah air yang gencar kepada jemaah haji perihal pemakaian ihram dinilai berhasil .

"Gelombang dua yang mendarat di Jeddah harus gunakan pakaian ihram dari Tanah Air saya cek seluruhnya sudah pakai. Kelancaran juga lebih baik. Semoga bisa dipertahankan sampai tanggal, lima batas akhir jemaah tiba," kata dia.

Saat peninjauan, lokasi awal yang didatangi Menag adalah plaza tempat jemaah beristirahat, sebelum naik ke bus.

Dia pun berdialog dengan salah satu jemaah dari Kabupaten Pinrang. Dengan mempertanyakan kondisi kesehatan dan waktu tiba di Jeddah.

Usai itu, Menag menuju bus jemaah. Memeriksa alur barang bawaan dan proses pembagian makan jemaah.

Di lokasi ini, Kadaker Bandara menjelaskan tentang proses penempatan koper jemaah, yang kini berbeda dan membuat jemaah lebih nyaman duduk di bus menuju Makkah.

Sekitar sejam Menag meninjau langsung layanan kedatangan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz sebelum bertolak menuju ke Wisma Haji Jeddah.  Selanjutnya dijadwalkan bergeser ke Madinah dan baru ke Makkah. 

Delegasi Amirul Hajj dijadwalkan akan bertugas di Arab Saudi hingga 18 Agustus 2018. "Ada beberapa pertemuan juga yang akan dihelat,  antara lain dengan Muasassah,  pejabat terkait juga sedang berupaya bertemu dengan Gubernur Makkah, " dia menandaskan. 

 

2 dari 2 halaman

Delegasi Amirul Hajj

Berikut susunan Delegasi Amirul Hajj Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1440H/2019M.

1. Amirul Hajj : Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama)

2. Naib Amirul Hajj : A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah)

3. Sekretaris : Muchlis M. Hanafi (Kemenag)

4. Anggota :

Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (JATMAN), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes)

5. Staf Sekretariat : Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenag Tingkatkan Pelayanan Jemaah Haji 2020, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Genjot Penjualan Tiket, Garuda Indonesia Gandeng Agen Perjalanan Haji