Sukses

Jemaah Haji Asal Sumatera Utara Diperkirakan Kembali Ke Tanah Suci Bulan Depan

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji asal Sumatera Selatan tahun 2019 sudah seluruhnya berada di Makkah.

Dilansir dari Antara, bahwa pemulangan jamaah haji Sumatera Selatan nantinya telah diperkirakan pada pertengahan bulan depan karena puncak ibadah haji pada 11 Agustus mendatang. Hal tersebut terkait adanya rangkaian ibadah lagi yang harus dikerjakan setelah wukuf di Arafah, sehingga setelah itu jamaah sudah dapat pulang ke tanah air, kata Humas PPIH Embarkasi Palembang Saefudin Latief di Palembang, Selasa.

"Sementara masa pemulangan jemaah haji haji sendiri diperkirakan akan selesai awal September mendatang," ungkap Saefudin.

Menurut Saefudin, memang bedasarkan pemulangan jemaah haji mulai dari 17 Agustus hingga 4 September mendatang.

Masa pemulangan jemaah haji Embarkasi Palembang berlangsung mulai 17 Agustus hingga 4 September. Kloter pertama dijadwalkan tiba di Bandara SMB II Palembang pada 17 Agustus 2019, pukul 22.55 WIB. Sementara kloter terakhir diperkirakan tiba pada 4 September pukul 21.45 WIB.

"Itu baru perkiraan namun mengenai kepastiannya masih menunggu petunjuk panitia dari Arab Saudi," ujarnya.

Pihaknya memang terus berkoordinasi dengan panitia di Arab Saudi terutama untuk memantau perkembangan jemaah calon haji khususnya Embarkasi Palembang.

Embarkasi Palembang tahun ini mendapat kuota pemberangkatan haji tercatat 8.545 jamaah dengan rincian 7.195 asal Sumsel, 1.255 dari Bangka Belitung, dan 95 petugas kloter.

Namun hingga berakhirnya masa pemberangkatan, hanya 8.509 calon haji yang bisa berangkat dengan rincian 7.166 dari Sumsel, 1.248 dari Babel, dan 95 petugas kloter.

Bedasarkan data berikut terdapat 36 calon haji yang batal berangkat melalui Embarkasi Palembang yang tujuh diantaranya dari Bangka Belitung. Jemaah batal berangkat itu antara lain karena sakit, meninggal dunia dan alasan keluarga lainnya, tambah dia.

 

Reporter : Nabila Bilqis