Sukses

Imam Masjidil Haram: Jemaah Haji Indonesia Lembut dan Rendah Hati

Imam Masjidil Haram, Syeikh DR Hassan Bin Abdul Hamid Al Bukhari yang menilai jemaah haji Indonesia sebagai rombongan yang terpuji, lembut, dan tawadhu atau rendah hati.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia memang dikenal dengan sifatnya yang ramah dan kekeluargaan. Begitu pula ungkap Imam Masjidil Haram, Syeikh DR Hassan Bin Abdul Hamid Al Bukhari yang menilai jemaah haji Indonesia sebagai rombongan yang terpuji, lembut, dan tawadhu atau rendah hati.

Dilansir dari keterangan resmi Kementrian Agama (Kemenag) bahwa hal tersebut dikatakan Syeikh Hassan kepada Tim media Center Haji Indonesia di Umm Al Qura University Makkah, Minggu (21/7)

“Saya melihat bahwa jemaah haji Indonesia itu adalah rombongan yang terpuji. Orangnya lembut-lembut dan tawadhu (rendah hati). Ini sangat menyenangkan di hati orang Muslim di manapun,” ungkapnya.

Syeikh Hassan mengatakan bahwa dirinya menilai jemaah haji Indonesia tersebut karena kelembutan dan kerendah hatiannya.

“Saya juga melihat mereka punya kedisiplinan yang tinggi walaupun Indonesia itu jemaah hajinya paling banyak di dunia, tidak menjadikan itu penghalang untuk mereka selalu disiplin. Jumlah mereka besar, tertib,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Budaya Jemaah Haji

Selain itu, menurutnya hal tersebut sudah menjadi budaya bagi jemaah haji Indonesia yang dapat di tingkatkan lebih baik lagi.

"Kami berharap terus mudah-mudahan kondisi ini bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan agar lebih baik," katanya.

Tak lupa yang paling penting, pada kesempatan tersebut Syeikh Hassan juga mendoakan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan lancar.

"Ya Allah, dengan kemurahan-Mu jadikanlah semua haji, haji dari Indonesia maupun haji dari belahan negara Muslim di dunia, telah datang kewajiban haji bagi kalian semoga Alloh memberikan kemudahan bagi urusan kalian para haji dan Alloh menerima ibadah kalian," doanya.

 

Reporter : Nabila Bilqis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.