Sukses

Akmal bin Khami Jadi Jemaah Haji Termuda Asal Sumut

Akmal mengaku meski dirinya masih muda, namun semangat untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi, dan tidak mau kalah dengan para orangtua.

Liputan6.com, Medan - Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Itulah cita-cita yang ingin diwujudkan oleh Muhammad Diffa Akmal bin Khami saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). 

Kini, di usianya yang telah menginjak 19 tahun, pemuda asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Akmal bahkan menjadi jemaah calon haji termuda dari daerahnya. 

"Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci itu, merupakan cita-cita sejak duduk di bangku SD. Namun, baru bisa tercapai pada tahun 2019 ini," kata Diffa, di Asrama Haji Medan, seperti dilansir Antara, Minggu sore (20/7/2019). 

Tujuan pergi ke Makkah, menurut mahasiswa SPN Jalan Pancing, Medan ini agar dapat meningkatkan amal ibadah dan semakin lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Ini adalah kesempatan bagi saya untuk melakukan introspeksi diri dan dapat mengubah karakter selama ini kurang baik menjadi semakin lebih baik," ujar Diffa. 

Diffa mengaku, bersemangat untuk menunaikan ibadah haji cukup tinggi, dan tidak mau kalah dengan para orangtua.

"Saya berangkat ke Tanah Suci ini adalah panggilan Allah SWT dan tidak akan main-main beribadah. Semoga juga bisa menjadi haji yang mabrur," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8.641 Jemaah Haji Asal Medan

Kelompok terbang (Kloter) 03 JCH yang berasal dari Kabupaten Asahan tercatat berjumlah 392 orang. Itu termasuk ditambah petugas haji daerah dan pusat. Dari jumlah tersebut, jemaah haji pria berjumlah dari 160 pria, sedangkan 232 adalah jemaah wanita. 

Jumlah JCH asal Provinsi Sumatera Utara yang berangkat ke Tanah Suci Makkah tercatat 8.641 orang dan terdiri dari 22 kloter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.