Sukses

Tiba di Makkah, Jemaah Haji Tertua dari Kloter Pertama Disambut Salawat Nabi

Jemaah haji tertua, Sukinah, yang tahun ini berusia 93 tahun mengaku sehat meski harus duduk di kursi roda.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji tertua, Sukinah (93), yang tergabung dalam Kloter Surabaya-1, tiba di Makkah setelah menempuh perjalanan dengan bus dari Madinah selama sekitar 4 jam. Dia pun disambut dengan lantunan selawat Nabi.

Acara penyambutan dihadiri Konjen RI di Jeddah, Muhammad Hery Safipudin, dan Ketua Muasassah Asia Tenggara. Mereka hadir sebelum jemaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al Oksh di kawasan Mahbas Jin, Kota Makkah, Minggu malam, sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Sukinah yang tahun ini berusia 93 tahun, mengaku sehat meski harus duduk di kursi roda agar fisiknya tetap prima setelah menempuh perjalanan panjang dari Madinah untuk kemudian melanjutkan ibadah di Makkah.

“Doa saya nyuwun ke Allah, supaya kuat dan sehat. Anak sembilan orang sudah haji semua. Saya agak telat karena mengurusi anak,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Sukinah didampingi anak ketiganya, Sunarti (67), dan menjawab pertanyaan siapa pun yang bertanya kepadanya dengan baik.

Sukinah sebagai jemaah tertua di Indonesia tergabung dalam Kloter 1 Embarkasi Surabaya yang tiba di Kota Mekkah, Minggu malam, 14 Juli 2019.

Bus yang mengantarkan jemaah dari Kota Madinah itu tiba di hotel yang berada di Sektor 6 Mahbas Jin, Makkah.

Setibanya 10 bus itu di depan Hotel Al Oksh, calon jemaah haji disambut Konjen RI Jeddah, Hery Saripuddin bersama istri, Ketua Muassasah Asia Tenggara, Kepala Daker Mekah Subhan Cholid, bersama Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daker Mekah Sektor 6.

Suasana penyambutan kedatangan jemaah haji asal Magetan ini meriah karena diiringi lantunan selawat Nabi yang mengiringi jemaah saat turun dari bus dan masuk ke dalam hotel.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Meriah

Jemaah disambut dengan taburan bunga dan minuman selamat datang, air zam-zam, dan kurma, kemudian dipersilakan untuk beristirahat di kamar dibantu oleh Tim Gerak Cepat petugas haji Indonesia.

Konjen RI di Jeddah, Hery Saripudin, menyatakan rasa syukurnya karena sebanyak 449 jemaah Kloter SUB1 tiba dengan selamat di Kota Makkah.

Ia mengapresiasi kerja sama yang baik antara pihak panitia dan muassasah yang saling sinergi, sehingga perjalanan jemaah dari Madinah ke Makkah berjalan lancar

"Ini berkat koordinasi dari semua bidang terkait dan kita yang di Makkah. Kami pantau keberangkatan para jemaah sejak di Madinah dan kami lihat juga kerja sama antara semua tim PPIH dengan muassasah sangat erat," kata Hery.

Ia secara khusus berpesan kepada jemaah agar tetap menjaga kondisi kesehatan karena jemaah akan berada di Makkah tak lebih dari 30 hari, untuk melaksanakan tahapan ibadah fase kedua, yakni ibadah umrah dan fase ketiga puncak haji di Arafah.

"Mudah-mudahan semuanya lancar," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.