Sukses

Berziarah ke Masjid Jin, Saksi Bisu Jin Patuh pada Allah

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim yang sedang melaksanakan perjalanan ibadah haji ke Tanah Suci, pasti menginginkan berwisata khas negeri padang pasir tersebut. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi adalah Masjid Jin.

Masjid Jin terletak di pinggir daerah hujun, dekat dengan Ja'fariyah atau 2 kilometer arah utara dari Masjidil Haram. Berlantai dua, masjid ini luasnya sekitar 10x20 meter.

Kubah masjid yang juga disebut dengan nama Al Bai'ah ini dihiasi oleh tulisan kaligrafi surat Jin ayat 1-9. Masjid ini dikenal karena di sinilah sahabat nabi bernama Abdullah bin Mas'ud pernah dikepung oleh jin yang berjumlah banyak.

Seperti namanya Masjid Jin yang terletak di Kampung Ma'la tersebut, tidak jauh dari pekuburan Kota Makkah. Penamaan masjid itu terkait erat dengan suatu peristiwa yang sangat langka dan penting berkaitan dengan bangsa jin dan dakwah Islam.

Dilansir dari buku Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci karya Rafiq Jauhary, masjid yang diceritakan dalam hadis Hasan riwayat Ahmad dan Tirmizi sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Shafiyurahman, pada suatu hari Rasulullah SAW mengajak Abdullah bin Mas'ud ke suatu daratan kemudian membuat sebuah lingkaran besar.

Rasulullah memerintahkan Abdullah bin Mas'ud memasukinya dan membacakan surat Jin hingga selesai, sementara Rasulullah pergi meninggalkannya.

Tak berselang lama, muncul beberapa mahkluk yang tak dikenal berusaha melukai Ibnu Mas'ud. Namun, mereka tak dapat masuk ke dalam lingkaran yang sebelumnya telah digaris oleh Rasulullah. Setelah usai membaca surat tersebut, makhluk itu pun pergi.

Tidak berselang lama setelah mereka pergi, Rasulullah datang dan mengatakan "Sungguh tadi malam mereka telah menyakitiku," ucap Rasul sambil bersandar di paha Ibnu Mas'ud hingga tertidur.

Pada kesempatan itu, para jin berbaiat atau berjanji setia untuk beriman kepada Allah SWT, mengikuti ajaran Islam, dan menyebarkan agama Allah di kalangan mereka.

Oleh sebab itu, masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Al-Bai’ah, yakni masjid tempat serombongan jin melakukan baiat.

 

2 dari 3 halaman

Ada Dalam Alquran

Peristiwa jin melakukan baiat itu juga diungkapkan melalui firman Allah SWT dalam Alquran.

"Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Alquran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata, “Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)!" dikutip dari Alquran surat Al Ahqaf ayat 29-32.

Besar kemungkinan pada musim haji 2019 ini, Masjid Jin menjadi objek wisata rohani jemaah yang paling sering dituju.

 

Reporter : Nabila Bilqis

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rute dan Ragam Ritual Ibadah Haji yang Harus Dipahami Jemaah
Artikel Selanjutnya
4 Jalur Kedatangan Jemaah Haji Saat Tiba di Bandara Madinah