Sukses

5.003 Jemaah Haji Asal Riau Tiba di Kampung Halaman

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 5.003 jemaah haji asal sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Riau sudah kembali ke Tanah Air. Mereka sudah sampai di kampung halaman masing-masing.

"Sebanyak 5.003 jemaah haji yang kembali ke Riau, sudah termasuk jemaah haji kloter 18 yang kembali pada Minggu, 16 September 2018 malam dengan pesawat Saudi Arabian Airlines," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Dr H Ahmad Supardi MA di Pekanbaru, seperti dilansir Antara, Selasa (18/9/2018).

Menurut Ahmad, dari total jemaah haji Riau yang menunaikan ibadah haji 2018, tercatat ada 5.039 orang dan sudah kembali sebanyak 5.003 jemaah.

Dengan demikian, terdapat 30 jemaah masih di Tanah Suci bersama kloter BTH-26 tergabung bersama jemaah asal Provinsi Jambi.

Sedangkan seorang haji kloter 7 debarkasi Batam yang tertunda kepulangannya beberapa waktu lalu, pada Senin, 17 September 2018 sudah tiba di Batam. Wanita bernama Gustimar Muhammaf Yatim asal Pekanbaru itu juga sudah dipulangkan ke daerah asal pada hari yang sama.

Ahmad mengatakan, untuk jemaah haji yang wafat di Tanah Suci berjumlah enam orang, dua jemaah haji yang wafat di Tanah Air yakni seorang wafat di debarkasi Batam asal Dumai dan seorang lagi wafat sebelum sampai di rumah asal Kota Dumai.

"Saat dipulangkan dari Batam menuju Dumai almarhum langsung dirujuk di RSUD Kota Dumai. Mari kita kirimkan al fatihah dan doa kepada jemaah yang wafat agar diterima amal ibadah yang sudah dilaksanankan dan mendapatkan surga dari Allah SWT," papar Ahmad.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Jumlah Jemaah Haji

Sementara itu, rincian jemaah haji Riau yang sudah tiba di Tanah Air dari Pekanbaru sebanyak 1.053 orang, asal Kampar 834 orang, kota Bengkalis 422 orang, Kabupaten Indragiri Hulu 325 orang, dan Kabupaten Indragiri Hilir 638 orang.

Selain itu dari kota Dumai 182 orang, Kabupaten Rokan Hulu 398 orang, Kabupaten Pelalawan 378 orang, dan Kabupaten Kuantan Singingi 194 orang.

Kemudian Kabupaten Siak 227 jemaah haji, Kabupaten Rokan Hilir 220 jemaah haji, dan dari Kabupaten Meranti 29 serta TPHD 32 orang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Panitia Bersyukur Haji Indonesia Sadar Diri soal Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Masa Kerja Petugas Haji di Makkah Berakhir