Sukses

Tiba di Batam, Jemaah Haji Diminta Segera Lapor Jika Sakit

Pemeriksaan kesehatan dini diperlukan jemaah haji untuk menghindari kemungkinan penyebaran virus yang terbawa dari Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam mengingatkan jemaah haji untuk segera memeriksakan diri apabila merasa ada keluhan pada kesehatannya setelah tiba di Tanah Air.

"Jika dalam beberapa hari ke depan terjadi demam panas, segera memeriksakan diri ke dokter dengan membawa kartu BPJS," ujar Kepala Bidang Penerimaan Jamaah PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam Erizal Abdullah, seperti dilansir Antara, Sabtu (8/9/2018).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dini diperlukan jemaah haji untuk menghindari kemungkinan penyebaran virus yang terbawa dari Arab Saudi.

"Supaya tidak menyebar," kata Erizal saat menyambut kedatangan 450 orang jemaah haji kloter 9 asal Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau dan Kota Jambi.

Sementara itu, seorang haji di kloter 9 meninggal di Tanah Suci.Dia adalah Nizar Muhammad Syam (55) asal Kabupaten Kuantan Singingi, Riau ya g wafat wafat, Minggu, 12 Agustus 2018 akibat Cardiovascular Disease.

"Sementara tiga orang jemaah yang mutasi keluar kloter 9, pulang terlebih dulu bersama kloter 3 dan 4. Mereka yaitu Sernita Artati Aliyinnah, Abdul Taufik Syamsuar, dan Nevi Nirwana Syamsul," paparnya.

Erizal mengatakan, PPIH juga mencatat empat orang jemaah yang masuk kloter 9, yaitu Magito Siregar Rukun dan Yeni Fanisah Hasinus dari kloter 18, serta Wince Hafisa Novri dan Ahmad Syukri Sakirin dari kloter 20.

Sementara itu, hingga hari ini, 4.035 jemaah haji Debarkasi Batam dari 9 kloter telah tiba di Tanah Air. Pada musim haji tahun ini, Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan sekitar 11.000 calon haji dari Riau, Kepri, Jambi, dan Kalbar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.