Sukses

Melihat Aktivitas Anak Belajar Mengaji di Masjid Nabawi

Selain kelas untuk belajar mengaji dasar di Masjid Nabawi juga ada kelas untuk hafalan Alquran.

Liputan6.com, Jakarta - Denyut kehidupan di Masjid Nabawi, Arab Saudi tak pernah berhenti. Ibadah jemaah pun tak pernah putus, mereka datang silih berganti. Selepas azan Ashar, ratusan anak-anak berkumpul.

Anak-anak tersebut duduk bersila. Mereka menghadap seorang ustaz. Ustaz Mohammed memimpin pelajaran mengaji di pintu 38 Masjid Nabawi. Beberapa kali obrolannya dengan Dream terhenti karena dia menyapa para santrinya.

"Murid saya ada ribuan," kata Mohammed, Selasa, 3 September 2018.

Tetapi, selepas Ashar itu hanya terlihat belasan siswa yang mengantre. Ternyata yang dimaksud oleh Mohammed adalah total santri yang diajarnya. Karena rupanya, pengajian tidak hanya saat Ashar saja.

"Setelah Fajar (Subuh) dan setelah Magrib ada kegiatan seperti ini," kata dia.

Materi yang diajarkan Mohammed untuk pengenalan baca Alquran. Ia mengatakan, materi ini untuk anak di bawah usia sebelas tahun.

Selain kelas untuk belajar mengaji dasar di Masjid Nabawi juga ada kelas untuk hafalan Alquran. Tak hanya anak-anak, dewasa pun juga banyak terlihat belajar mengaji.

Mohammed menyebut, tak ada biaya untuk mengikuti kelas mengaji itu. "Semuanya gratis," pungkas Mohammed.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.