Sukses

Garuda Indonesia Sudah Pulangkan 40 Ribu Jemaah Haji

Maskapai Garuda Indonesia mengaku sudah memulangkan hampir 40 ribu dari 107 ribu jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi.

Liputan6.com, Tangerang - Satu minggu lebih dari jadwal pemulangan jamaah haji, maskapai Garuda Indonesia mengaku sudah memulangkan hampir 40 ribu dari 107 ribu jemaah yang diberangkatkan.

"Sampai hari ini, 4 September 2018, diperkirakan hampir sepertiga dari jumlah jamaah yang sudah pulang ke Tanah Air," ujar Dirut Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansyuri saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Selasa (4/9/2018).

Total ada sekitar 40 ribu jemaah haji yang sudah pulang ke Tanah Air, menumpang maskapai pelat merah itu. Dan pemulangan akan terus berlangsung hingga 25 September mendatang.

Menurut Pahala, dari evaluasi keberangkatan jamaah haji, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Yakni menekankan pada keselamatan dan kesehatan pesawat-pesawat. Sebab pada keberangkatan lalu, terutama di Solo, Garuda Indonesia mengevaluasi keberangkatannya.

"Dari Solo lalu ada yang harus dibenahi, dan itu jadi evaluasi untuk kita pada proses pemulangan ini," kata Pahala.

Meski ada evaluasi yang harus dibenahi, Pahala yakin Ontime Performance (OTP) kepulangan akan lebih baik dari keberangkatan. Pada keberangkatan, Pahala mencatat, OTP yang diraih mencapai 95 persen. Untuk kepulangan ini, dia menargetkan angkanya sama seperti tahun lalu,96 persen.

"Tapi kita optimis lebih dari itu, sebab sampai saat ini kepulangan jemaah haji atau sejauh ini semua lancar saja," ujar Pahala. (Pramita Tristiawati)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.