Sukses

Komponis Italia Kandidat Oscar

Komponis Italia Ennio Morricone adalah seorang nominator peraih Piala Oscar. Ia adalah peraih penghargaan Bafta, David di Donatello, Festival Film Eropa, Golden Globe, dan penghargaan musik Grammy.

Liputan6.com, Italia: Komponis Italia Ennio Morricone adalah seorang nominator peraih Piala Oscar untuk kategori aransemen musik latar terbaik tahun ini. Anugrah itu diperoleh untuk karya terbarunya dalam film produksi Italia Malena. Kendati ia tidak berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut, Morricone tetap tercatat sebagai orang yang berprestasi gemilang di bidang perfilman.

Awal karier Morricone adalah ibarat ikan teri dalam kolam besar. Setelah belajar trompet dan komposisi di Santa Cecilia, ia memutuskan menggubah musik untuk radio, televisi dan panggung. Aransemen pertamanya adalah untuk film komedi dalam negeri Il Federale awal tahun 1960-an. Sukses besar pertamanya diraih kala menggubah musik latar film yang dibintangi Clint Eastwood, yakni A Fistful of Dollars .

Prestasi itu membuat Morricone diberondongi tawaran menggubah musik yang sebagian besar untuk film-film western. Pada tahun 1970-an, Morricone merambah ke Hollywood sebagai komponis musik latar film-film produksi Amerika Serikat. Berbagai penghargaan dikantonginya, antara lain penghargaan Bafta, penghargaan David di Donatello, Festival Film Eropa, Golden Globe, dan penghargaan musik Grammy.

Morricane dinominasikan untuk Piala Oscar untuk pertama kali pada tahun 1978. Namun, anugerah itu baru diperolehnya delapan tahun berikutnya untuk film The Mission. Selanjutnya, ia juga dikenal untuk aransemen film-film nominasi oscar lainnya, seperti The Untouchables, Hamlet, Bugsy, hingga Malena yang dinominasikan untuk Oscar tahun ini.(HFS/Rya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini