Sukses

Wisata ke Ujung Dunia

Liputan6.com, Hokkaido: Hokkaido adalah pulau di bagian Utara Jepang yang terdiri dari dataran luas dan gunung-gunung yang menjulang. Di sanalah Taman Nasional Shiretoko berada. Dalam bahasa Ainu, Shiretoko berarti ujung dunia.

Wilayah Shiretoko terkenal sebagai semenanjung dengan kekayaan alam dan keragaman topografi. Keindahan alam Shiretoko ini mendorong warga setempat untuk menjaga kelestariannya agar tetap dapat dinikmati sepanjang masa. Salah satu keindahan itu adalah Gunung Rausu yang memiliki puncak tertinggi di kawasan Shiretoko.

Hutan lebat di sekitar Rausu juga memiliki keaneka ragaman fauna. Sejumlah satwa liar yang hidup di hutan ini di antaranya rusa Ezo, rubah merah, dan beruang cokelat. Satwa endemik--penyebarannya terbatas--lain yang terdapat di kawasan ini adalah burung pelatuk ekor putih dan burung hantu Blakinston.

Pada salah satu sisi Shiretoko, terdapat tebing yang langsung berbatasan dengan laut. Di musim dingin, bongkahan es menyelimuti permukaan laut sekaligus menjadi persinggahan anjing laut. Tebing-tebing karang di Shiretoko juga dimanfaatkan oleh kawanan burung laut sebagai tempat berkembak biak. Setiap musim gugur tiba, perairan di sekitar Shiretoko dipenuhi ikan-ikan salmon yang akan bertelur. Ini semakin menambah kekayaan fauna alam di salah satu taman nasional kebanggan Jepang ini.

Sejak 1964, Shiretoko telah ditetapkan sebagai taman nasional dan kini diusulkan menjadi situs warisan dunia. Untuk wisatawan, taman nasional ini dilengkapi pusat informasi seputar daerah-daerah di Shiretoko. Setelah memperoleh gambaran jelas, para turis dapat menyusuri areal taman nasional sesuai dengan yang dikehendaki.

Salah satu tempat yang menarik para wisatawan adalah air terjun air panas yang mata airnya berasal dari dalam perut bumi. Di sejumlah tempat-tempat tertentu, terdapat cekungan sungai yang dapat digunakan sebagai tempat pemandian. Agar tidak tersesat, para wisatawan dapat menyewa jasa pemandu wisata setempat. Tidak hanya berjalan-jalan di hutan, di Taman Nasional Shiretoko juga disediakan kapal pesiar di Dermaga Utoro. Pengunjung dapat menikmati segarnya embusan angin laut sambil memandang Pulau Hokkaido dari kejauhan.(OZI/Ijx)

    Beruang Sirkus Dilecehkan, Warga Unjuk Rasa

    Tutup Video