Sukses

Elfriede Jelinek Meraih Nobel Sastra

Liputan6.com, Stockholm: Elfriede Jelinek, 58 tahun, meraih penghargaan Nobel Sastra. Kemenangan novelis dan sastrawan Austria itu diumumkan Yayasan Nobel di Stockholm, Swedia, Kamis (7/10).

Jelinek dikenal karena karya kontroversial yang banyak mengangkat tema kekerasan terhadap perempuan, masalah seksualitas, dan ekstremisme politik di Eropa. Jelinek juga dianggap figur kontroversial di negaranya sendiri. Dia aktif di bidang politik dan sempat menjadi anggota Partai Komunis Austria.

Jelinek lahir dari ayah keturunan Yahudi-Ceko dan ibu dari Wina, Austria. Dia memulai debut di dunia sastra dengan buku koleksi puisinya, Lisas Schatten pada 1967. Salah satu karya yang mengangkat namanya adalah novel biografi The Piano Teacher yang kemudian diangkat ke layar lebar dan meraih penghargaan di Festival Film Cannes 2001. Sejumlah penerbit menyatakan tidak terkejut dengan kemenangan Jelinek. Sebab, dia telah masuk daftar kandidat peraih Nobel sejak tahun silam.

Sejak dibagikan pada 1901, hanya sembilan perempuan yang sudah mendapat Nobel Sastra. Perempuan pertama yang menyabet Nobel ini adalah penyair Polandia, Wislawa Szymborska pada 1996.(TNA/Ijx)