Sukses

Selamat Jalan, Talia...Gadis Pengidap Kanker yang Tak Gentar Maut

Talia Joy Castellano, gadis penderita kanker, menginspirasi dunia dengan kecintaannya pada make-up dan ketabahannya.

Tak bakal ada lagi tips-tips kecantikan dari Talia Joy Castellano yang diunggah di laman video tutorialnya, Make-upisMYwig di YouTube.

Gadis ceria berusia 13 tahun itu telah berpulang. Kabar duka terpampang di laman Facebooknya pagi tadi: "Dengan berat hati, kami mengabarkan bahwa Talia telah mengembangkan sayapnya pada pukul 11.22. Mari angkat jiwanya yang indah, cahayanya ke surga. Kirimkan cinta dan doa Anda kepada keluarganya yang sedang melalui masa-masa sulit," seperti dilansir News.com.au, Rabu (17/7/2013).

Dalam laman itu juga memuat doa, agar Tuhan membebaskannya dari rasa sakit dan penderitaan. Semoga Talia merasakan cahaya dan cinta yang telah ia tebarkan pada banyak orang di dunia selama hidupnya -- meski singkat. "Kami merindukanmu, lebih dari yang kau tahu, Sayang."

Kepergiannya juga ditangisi sejumlah pesohor dunia. "Tahun ini aku bertemu dengan seorang gadis istimewa. Dan hari ini kita kehilangan dia. Belasungkawa aku ucapkan pada keluarga Talia. Aku sangat berduka," kicau Ellen DeGeneres di akun Twitter-nya.

"RIP Talia Castellano, aku akan merindukanmu," kata Kim Kardhasian dalam Twitternya.

Siapa sebenarnya Talia?

Talia adalah seorang gadis cilik tegar, yang menginspirasi dunia dengan kecintaannya pada make-up. Dari tempat tidur rumah sakit tempatnya dirawat, ia membuat video tutorial untuk 70.000 penggemarnya di Youtube.

Tetap tampil ceria dan cantik meski tanpa selembar rambut pun di kepalanya. Gundul. Juga rasa sakit tak terkira di sekujur tubuh.

Vlognya luar biasa populer, hingga membuat CoverGirl menjadikannya duta luar biasa awal tahun ini.

Dan, dalam sebuah acara bincang-bincang, ia mengibaratkan perjuangannya melawan kanker seperti adegan dalam film Finding Nemo.

Tak Gentar Menatap Maut

Begini gaya Talia saat memberikan tutorialnya: "Poleskan saja asal-asalan, tapi fokus pada kelopak mata, karena di situlah kita ingin warna kuning terlihat cerah," celotehnya, sibuk memakai riasan di wajahnya yang tirus.

Di video lain ia menunjukkan cara membubuhkan riasan untuk Halloween, cara membersihkan alat pemulas pipi, atau menata rambut.

Untuk yang terakhir, ia menggunakan rambut orang lain. Sebab, tak ada sehelai rambut pun yang menempel di kepalanya.

Sudah lima tahun Talia Joy Castellano, nama gadis itu, berjuang melawan kanker di tubuhnya. Kian lama sakitnya itu makin parah. Namun, alih-alih  menyalahkan Tuhan, Talia punya cara untuk merayakan hidupnya yang tak lagi panjang.

Ia mengubah kisah mengerikan sebagai penderita kanker menjadi inspirasi bagi ribuan gadis muda, dan juga orang dewasa. Salah satunya, melalui tutorial cara berdandan 'ala Talia'.

Bagi Talia, make up adalah 'wig' yang meningkatkan percaya dirinya. Apalagi, ia memang tak mau menutupi kepalanya dengan wig. "Aku tidak suka wig, aku nggak tahu pasti kenapa.... Tapi kalau aku memakai wig, aku merasa palsu, bukan jadi diri sendiri," kata dia.

Awalnya, Talia didiagnosa kanker neuroblastoma stadium empat, tumor yang berkembang di jaringan saraf pada bayi dan anak, tepat pada Hari Valentine tahun 2007.

Jika bisa memilih, Talia ingin sembuh.  Namun, meski menderita, gadis tegar itu mengaku mendapat banyak hikmah dari penyakitnya itu. "Aku sudah begitu banyak manfaat dari kanker. Punya laman YouTube, menginspirasi orang, membuat orang-orang melihat keberadaanku," kata dia.

Bagaimanapun berat dan sakitnya, menjadi pasien kanker bagi Talia, adalah sebuah anugerah. "Sebuah hadiah, meski itu mengerikan. Sangat mengerikan."

Selamat jalan, Talia....(Ein/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.