Sukses

Seorang Penumpang Nekat Merebut Kendali Pesawat

Liputan6.com, Nairobi: Ini kisah tak lazim. Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan British Airways yang melayani jalur penerbangan London-Nairobi nyaris mengalami kecelakaan pada Jumat (29/12) kemarin. Pasalnya, seorang penumpang nekat mengambil alih kendali di kokpit hingga pesawat terpaksa berakrobat sealam beberapa menit di udara.

Angkutan umum bernomor penerbangan 2069 ini sebenarnya sudah bertolak sejak Kamis pukul 23.00 dari Bandar Udara Gatwik, London menuju Nairobi, Kenya. Pesawat jenis Boeing 747 itu mengangkut 19 orang awak pesawat dan 379 orang penumpang yang sebagian besar berkewarganegaraan Kenya.

Namun sekitar enam jam setelah lepas landas -atau saat melintasi di wilayah udara Sudan- seorang penumpang mendadak mendobrak masuk ke dalam kokpit. Meski kru kokpit berusaha menghentikannya, pemuda berkewarganegaraan Kenya ini berhasil menepis dan malah mematikan fasilitas auto-pilot. Akibatnya, pesawat melesat di luar kendali dan menukik tajam hingga dua kali.

Untunglah drama ini terjadi hanya sekitar dua menit saja setelah berhasil melumpuhkan si pemuda tadi. Pesawat British Airways itu akhirnya mendarat dengan selamat di bandara Nairobi sekitar dua jam kemudian. Kini polisi Kenya tengah menginterogasi pemuda berusia 27 tahun yang nekat itu. Dia diperkirakan mengidap gangguan mental.(BMI/Ula)