Sukses

5 Orang Paling Berkuasa di Dunia Versi Forbes, Xi Jinping Nomor Satu

Penilaian ini berdasarkan pengaruh mereka di bidang ekonomi, politik atau kepemimpinan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 2009, Forbes menyusun daftar orang paling berkuasa di dunia setiap tahunnya. Penilaian ini berdasarkan pengaruh mereka di bidang ekonomi, politik atau kepemimpinan mereka. 

Nama sejumlah pemimpin dunia seperti Xi Jinping, Vladimir Putin dan Donald Trump menempati jajaran teratas. Namun, daftar ini tidak hanya ditempati oleh tokoh ternama di dunia politik. Nama pengusaha di dunia seperti Jeff Bezos juga turut masuk dalam daftar. 

Dilansir laman Forbes, Minggu (12/3/2023), berikut adalah lima nama tokoh yang paling berkuasa di dunia menurut daftar yang dirilis oleh Forbes pada 2018:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Xi Jinping

Xi Jinping adalah kepala negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia dan negara terpadat di dunia. Dia juga mengendalikan satu-satunya partai politik di China. 

Terbaru, Xi Jinping diangkat kembali untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden China selama lima tahun ke depan pada Jumat (10/3/2023).

Peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya itu memperkuat kontrol Xi Jinping dan menjadikannya kepala negara yang paling lama menjabat sejak pendirian Republik Rakyat China pada tahun 1949.

Pengangkatan kembali Xi Jinping sebagian besar diyakini hanya sebagai formalitas. Pasalnya, gelar kepresidenan sebagian besar merupakan gelar seremonial di China. Adapun kekuasaan nyata berada pada kepala partai dan militer --dua peran kunci yang juga diduduki Xi Jinping, di mana dia diangkat kembali melalui kongres utama Partai Komunis China pada Oktober lalu.

3 dari 6 halaman

2. Vladimir Putin

Vladimir Putin merupakan Presiden Rusia yang lahir pada tanggal 7 Oktober 1952. Ia sebelumnya menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia dari tahun 1999-2000 dan 2008-2012.

Ia mulai menjabat sebagai Presiden Rusia dari 2012 hingga saat ini, di bawah Partai Independen.

Putin sebelumnya bekerja sebagai perwira intelijen asing dari mana ia mencapai pangkat kolonel.

Selama masa jabatannya sebagai perdana menteri dan presiden, Putin telah mengawasi perang termasuk perang melawan separatis yakni Chechnya, Georgia, dan yang terbaru, perang Rusia-Ukraina. 

Putin juga telah terlibat dalam sejumlah intervensi militer.

Dia selama ini berupaya memperkuat militer Rusia untuk pengakuan dunia sehingga militernya juga merupakan salah satu yang terkuat di dunia, dimana ia menjabat sebagai panglima tertinggi.

Kekayaan bersih Putin diperkirakan mencapai US$ 70 miliar.

4 dari 6 halaman

3. Donald Trump

Donald Trump merupakan Presiden Amerika Serikat ke-45, menggantikan pendahulunya Barack Obama. 

Menjadi presiden AS walau hanya memiliki pengalaman minim di dunia politik dan menghadapi banyak penentangan, menguasai pendukungnya di akhir masa kepresidenannya untuk menyerbu Capitol Hill, Trump bisa dibilang sebagai salah satu orang yang berkuasa di dunia. 

Sementara sebagian besar kekayaan Trump tetap terikat di real estat New York City, mantan presiden itu masih menerima dana sebesar US$730 juta dari Trump Media and Technology Group, perusahaan induk mirip Twitter miliknya bernama Truth Social.

5 dari 6 halaman

4. Angela Merkel

Angela Dorothea Merkel lahir pada 17 Juli 1954 di Hamburg, Jerman. Ia dianggap sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Angela Merkel adalah seorang politikus, meskipun dia telah pensiun dari politik. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kanselir Jerman dari tahun 2005-2021 di bawah partai politik, Persatuan Demokrasi Kristen Jerman. 

Selain sebagai Kanselir, Angela Merkel pernah menjabat beberapa jabatan politik lainnya.

Dia pernah menjadi anggota Bundestag Jerman dari 2013 -2021, Menteri Lingkungan Hidup Federal Jerman dari 1994 -1998, Anggota Bundestag Jerman dari 1990-2002, Menteri Federal untuk Urusan Keluarga, Lansia, Perempuan dan Pemuda Jerman dari 1991-1994 .

6 dari 6 halaman

5. Jeff Bezos

Pada 2022, Jeff Bezos adalah orang terkaya nomor dua di dunia. Kekayaan bersihnya menurut Forbes pada tahun 2022 adalah US$168 miliar.

Jeff lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, Meksiko, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang pengusaha, insinyur komputer, investor, pemilik media, dan astronot pesawat komersial.

Jeff merupakan pendiri Amazon, sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika. Dia juga merupakan pendiri Blue Origin, Aerospace Manufacturing Company, dan Bezos Expeditions, sebuah perusahaan investasi di Amerika.

Jeff adalah orang terkaya di dunia hingga akhir-akhir ini setelah Elon Musk mengambil alih posisi tersebut.

Ia juga telah mengantongi beberapa pengakuan di seluruh dunia. Namun di samping itu, ia merupakan seorang dermawan dan pemegang gelar doktor kehormatan dalam sains dan teknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.